Ada Petilasan di SMPN 38 Kota Semarang, Diyakini Petilasan Bubakan, Konon Bekas Makam Ki Ageng Pandanaran

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:51 WIB
 Petilasan Bubakan  di SMPN 38 Kota Semarang (SM/dok)
Petilasan Bubakan di SMPN 38 Kota Semarang (SM/dok)

 

SEMARANG,suaramerdeka.com - Sebuah Petilasan berbentuk makam ditemukan di dalam kompleks SMPN 38 Kota Semarang, kawasan Bubakan, Kecamatan Semarang Tengah.

Petilasan tersebut diyakini warga sekitar sebagai bekas makam pendiri Semarang, Ki Ageng Pandanaran I, sekaligus tonggak atau cikal bakal pembangunan di Kota Semarang.

Petilasan makam Bubakan, demikan sebutannya, berada di lantai satu sisi timur laut gedung SMPN 38 Semarang yang saat ini dalam proses pembangunan.

Baca Juga: Wisata Religi Makam KH Sholeh Darat di TPU Bergota Direncanakan Terhubung ke Makam Ki Ageng Pandanaran di Muga

SMPN 38 sendiri berlokasi di Jalan Bubakan No 29, Kelurahan Purwodinatan, Semarang Tengah, tak jauh dari Masjid Pekojan maupun kawasan pecinan.

Keberadaan sekolah yang dikelilingi kawasan bisnis Pecinan dan Bubakan menjadikan publik banyak tidak mengetahui keberadaan Petilasan makam yang diyakini warga sekitar juga menjadi tempat Ki Agung Pandanaran kerap menancapkan tongkatnya.

Terlebih Petilasan makam berada di salah satu sudut ruang sekolah. Biasanya, situs berupa Petilasan maupun makam tokoh penting akan berada di tempat ketinggian seperti bukit.

Baca Juga: 520 Peserta Ikuti Kirab Budaya Nusantara Peringatan Haul Ke 520 Ki Ageng Pandanaran

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X