Lestarikan Budaya, Sejumlah Sanggar Kesenian Ramaikan Pentas Seni Kuda Kepang

- Senin, 19 September 2022 | 00:05 WIB
Pertunjukan pentas seni Kuda Kepang yang diinisiasi sukarelawan Ganjar di Dusun Mendut, Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Jateng, Sabtu 17 September 2022. (suaramerdeka.com/dok)
Pertunjukan pentas seni Kuda Kepang yang diinisiasi sukarelawan Ganjar di Dusun Mendut, Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Jateng, Sabtu 17 September 2022. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah sanggar kesenian meramaikan pentas seni bertajuk '"Pentas Seni Kuda Kepang Se-Kabupaten Semarang" yang dinisiasi oleh jaringan sukarelawan desa untuk Ganjar (Des Ganjar).

Sebanyak sembilan sanggar kesenian kuda lumping di berbagai wilayah di Semarang terlibat memeriahkan acara yang diadakan di Dusun Mendut, Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Jateng, Sabtu 17 September 2022.

"Antusias warga luar biasa. Setidaknya ada sekitar 500 orang dari berbagai kalangan usia tumpah ruah menyaksikan acara tersebut," kata koordinator lapangan Des Ganjar untuk pentas ini, Teguh Wahono.

Baca Juga: Perkuat Identitas Bangsa, FKF Jateng Tampilkan Beragam Kesenian Adat dan Budaya NTT

Menurutnya, pentas seni kuda lumping ini merupakan upaya pihaknya menjalankan amanah dari Ganjar Pranowo yang ingin warganya lebih peduli pada kesenian tradisional.

"Kami menampilkan kesenian kuda lumping agar kesenian ini tidak terlupakan. Kuda lumping memberikan contoh keberanian seperti pasukan-pasukan tentara berkuda," ujarnya.

Pada kesempatan ini, ratusan sukarelawan Des Ganjar juga melaksanakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk maju menjadi presiden RI 2024.

Baca Juga: Festival Kesenian Rebana, Upaya UPGRIS untuk Bangun Pendidikan Karakter

"Kami yakin sosok seperti Ganjar mumpuni untuk memimpin Indonesia. Ganjar selalu mendukung dan membantu berbagai kegiatan kesenian," imbuhnya.

Teguh menilai, pertunjukan pentas seni tersebut bertujuan agar kesenian dan kebudayaan yang ada selama ini tetap terjaga dan terawat.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Digital Contruction Jadi Akselarasi Pembangunan

Rabu, 7 Desember 2022 | 05:35 WIB
X