Bantu Warga Terdampak Covid-19, Bupati Eisti Ajak Perusahaan untuk Aksi Peduli

- Selasa, 27 Juli 2021 | 21:34 WIB
Bupati Demak Hj Eisti'anah bersama Satgas Covid-19 menyosialisasikan Perda tentang TJSLP/CSR yang digelar secara virtual diikuti seluruh perusahaan yang ada di Demak. (SM/Hasan Hamid)
Bupati Demak Hj Eisti'anah bersama Satgas Covid-19 menyosialisasikan Perda tentang TJSLP/CSR yang digelar secara virtual diikuti seluruh perusahaan yang ada di Demak. (SM/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Bupati Demak Hj Eisti'anah menggugah empati seluruh perusahaan di daerahnya untuk ikut membantu meringankan beban warga dan pedagang kecil yang terdampak covid-19.

"Selama pandemi covid-19 ini, laju perekonomian terus menurun. Kondisi paling sulit dirasakan pedagang kecil seperti PKL karena adanya PPKM darurat dan PPKM level 4," katanya saat Sosialisasi Perda No 1 Tahun 2016 yang mengatur tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Gedung Bina Praja yang juga digelar secara virtual.

Kegiatan yang dipandu Sekda Singgih Setyono tersebut dihadiri Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, Dandim 0716/Demak Letkol Arh Muhamad Ufiz, Pimpinan OPD dan seluruh perusahaan di wilayah Demak yang mengikuti melalui aplikasi zoom metting.

Baca Juga: 44,8 Persen UMKM Meningkat Selama Pandemi, BPUM Perlu Diperpanjang

Adapun terkait TJSLP, Bupati menyampai sesuai amanat perda perlu ada sinergitas antara perusahaan dengan Pemkab Demak dalam merealisasi CSR. Selama ini penyaluran CSR oleh sejumlah perusabahan masih banyak yang belum sinkron dengan program pemerintah, sehingga terasa kurang tepat sasaran.

"Maka dalam sosialisasi kali ini kita bahas bersama agar CSR perusahaan disinkronkan dengan program pemerintah sesuai visi misi pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Demak," terang bupati.

Menurut penuturannya di Kabupaten Demak terdapat lebih dari 50 perusahaan besar dan puluhan perusahaan kelas sedang yang dapat membantu perbagai program pemerintah seperti bidang pendidikan, kesehatan, olhraga, sosial keagamaan, ekonomi, pengentasan kemiskinan dan lainnya.

Hal itu sejalan dengan tujuan TJSLP atau CSR sebagai pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat ekonomi, sosial serta lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Pelaksanaanya program TJSLP silahkan dikoordinasikan dengan tim kabupaten dan forum TJSLP. Satukan langkah untuk pembangunan Demak," ujar bupati.

Kepala Bappeda Kabupaten Demak Suhasbukit menyampaikan, Sesuai ketentuan Perda No 1/2016 besaran TJSLP masing-masing 1,75% dari keuntungan perusahaan. Pada tahun 2019 ada 69 perusahaan dan BUMD yang menyalurkan CSR dengan total nilai Rp 607 juta.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Bupati Ajukan Perubahan APBD 2021, PAD Naik Rp 5 M

Senin, 20 September 2021 | 18:20 WIB

Polres Demak Vaksin 1.000 Santri Futuhiyyah

Minggu, 19 September 2021 | 22:14 WIB

Ekonomi Warga Belum Membaik, FKPPI Gelar Baksos

Minggu, 12 September 2021 | 18:42 WIB
X