Vaksinasi Jateng Masih Dibawah Target, Ganjar Minta Upaya Tracing dan Testing Terus Digenjot

- Senin, 26 Juli 2021 | 21:09 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com - Upaya tracing dan testing di Jawa Tengah terus digenjot dalam penanganan Covid-19.

Meski testing Jateng sudah tinggi dan di atas target yang ditetapkan WHO, namun Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo masih belum puas.

“Testing kita dari data yang dimiliki sudah tinggi. Di minggu ke-28 testing kita sudah di angka 103.674 (sampel). Ini sudah tinggi, sudah di atas WHO. Tapi kalau kondisi kasusnya tinggi seperti ini, masih kurang menurut saya,” kata Ganjar, ditemui usai memimpin rapat penanganan Covid-19 di Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur, Senin (26/7).

Baca Juga: Sukses Raih Perak di Olimpiade Tokyo, Menpora Berharap Eko Yuli Turut Andil Bina Lifter Junior

Untuk itu, pihaknya sudah memerintahkan seluruh bupati/ wali kota untuk meningkatkan tracing dan testing. Beberapa daerah sudah bagus, tapi ada yang masih rendah.

“Hasil testing dan tracing terendah itu Wonogiri. Makanya tadi saat rapat, saya kontak langsung bupatinya, dan sekarang sudah digenjot. Mereka minta bantuan peralatan dan segera kami penuhi,” jelasnya.

Ganjar melanjutkan, Per hari ini tracer dari TNI/Polri akan diturunkan. Sehingga ia berharap itu bisa menguatkan surveilans yang sudah bekerja di lapangan.

Diakui, proses tracing dan testing di lapangan berjalan tidak mudah. Dia mendapat laporan dari kades/ lurah saat Rembug Desa, bahwa mencari orang yang berhubungan erat jika ditemukan satu kasus positif tidak gampang.

“Maka yang sering dilakukan adalah, yang dites keluarga terdekat saja. Kalau hanya dua sampai tiga orang yang dites, itu kurang buat saya. Maka sekarang metode dan metodologinya diubah, dengan cara menggandeng tokoh yang dipercaya agar masyarakat mau di-tracing dan di-testing,” ucapnya.

Selain meningkatkan tracing dan testing, Ganjar juga meminta seluruh kabupaten/ kota meningkatkan vaksinasi. Saat ini, capaian vaksinasi untuk Jateng belum terlalu tinggi karena memang stok vaksin kurang.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

34 Pohon di Semarang Tumbang Akibat Cuaca Buruk

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:39 WIB

Langgar Jam Operional, Enam Tempat Karaoke Disegel

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:17 WIB

Ziarah Edukasi, Siswa Observasi Taman Makam Pahlawan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:01 WIB
X