Hadir di Festival Kota Lama, Ditjen AHU Kemenkumham Dorong UMKM Naik Kelas

- Kamis, 15 September 2022 | 19:08 WIB
Salah satu stan yang ada pada pameran UMKM Inovatif dan Kreatif, Festival Kota Lama Semarang 2022 di Gedung Weeskamer, kawasan Kota Lama Semarang, Kamis 15 September 2022. (Eko Fataip)
Salah satu stan yang ada pada pameran UMKM Inovatif dan Kreatif, Festival Kota Lama Semarang 2022 di Gedung Weeskamer, kawasan Kota Lama Semarang, Kamis 15 September 2022. (Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa naik kelas.

Staf Bagian Humas Ditjen AHU, Letianingtyas mengatakan, pihaknya ingin berkontribusi dalam pengembangan sektor tersebut dengan membuka layanan di pameran UMKM Inovatif dan Kreatif.

Pameran tersebut bagian dari Festival Kota Lama Semarang 2022. Festival ini kembali digelar secara tatap muka setelah sebelumnya sempat absen karena imbas pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dorong Kebangkitan UMK, Ditjen AHU Beri Kemudahan Legalitas Usaha

"Kami turut mendorong UMKM berkembang dengan memfasilitasi pendaftaran Perseroan Perorangan secara langsung," kata Letianingtyas usai acara pembukaan pameran tersebut di Gedung Weeskamer, kawasan Kota Lama Semarang, Kamis 15 September 2022.

Perseroan Perorangan merupakan badan hukum Perseroan Terbatas turunan dari UU Cipta Kerja sebagai inisiasi Ditjen AHU untuk mewujudkan kemudahan berusaha bagi para pelaku UMKM dengan memberikan legalitas usaha.

Selain itu, Ditjen AHU juga menghadirkan beberapa layanan lainnya, seperti layanan Perkumpulan, Notaris, Kewarganegaraan, Pewarganegaraan, dan Apostille, selama pameran berlangsung.

Baca Juga: Semarakkan Hari Dharma Karya Dhika, Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Berbagai Kegiatan

Pameran ini bertujuan membangkitkan kembali perekonomian Indonesia dengan menghadirkan
produk-produk inovatif dan kreatif dari UMKM.

Sisi lain, keberadaan pameran ini dinilai penting untuk mendukung dan mempromosikan produk UMKM, khususnya di Kota Semarang dan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rob Rendam 700 Rumah di Tambaklorok Semarang

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:10 WIB
X