Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

- Jumat, 23 Juli 2021 | 16:36 WIB
TERIMA QURBAN: Keceriaan anak-anak di Kampung Sleko yang berada di area Kota Lama, Semarang Utara, Kota Semarang saat menerima daging qurban dari ACT Jateng, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Pamungks Suci Ashadi)
TERIMA QURBAN: Keceriaan anak-anak di Kampung Sleko yang berada di area Kota Lama, Semarang Utara, Kota Semarang saat menerima daging qurban dari ACT Jateng, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Pamungks Suci Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Di balik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya daging qurban. Wilayah tersebut adalah Kampung Sleko yang berada di area Kota Lama, Semarang slekoUtara, Kota Semarang.

Warga di sana menempati rumah-rumah petak di sepanjang jalan pinggiran Kali Semarang. Di kampung tersebut juga terdapat bangunan kuno bersejarah peninggalan Belanda bernama Menara Syahbandar, atau dikenal dengan Menara Sleko yang sudah berdiri sejak tahun 1825.

Pada perayaan idul qurban tahun ini, tidak seperti perayaan hari raya di tahun-tahun sebelumnya kata Massrinah selaku warga Sleko yang sudah bermukim belasan tahun di sana.

Baca Juga: Tetap Untung Saat Market Lesu, Ini Solusinya buat Kamu

"Tahun ini cuma melihat dua ekor sapi lewat di depan rumah, saya kira ada yang qurban ternyata untuk kampung sebelah," tuturnya, belum lama ini.

Menurut Massrinah, pada perayaan idul qurban di tahun sebelumnya Kampung Sleko mendapat satu ekor kambing bantuan dari Masjid Kauman untuk dibagi kepada sekitar 55 KK warganya.

"Mungkin karena efek pandemi tahun ini jangankan mendapat qurban, bau harum masakan daging saja enggak tercium karena memang sekampung tidak ada yang dapat daging," ungkap Massrinah.

Melihat kurang meratanya pendistribusian qurban di beberapa wilayah menggerakkan Global Qurban dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk berbagi daging qurban hingga pelosok Jawa Tengah.

Baca Juga: Tanpa Pendapatan, Taman Kyai Langgeng Jual Tiket Pre Sale

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan Sepanjang Hari

Selasa, 21 September 2021 | 06:00 WIB

Keliru Menginjak Pedal, Mobil Terjun Bebas Masuk Kanal

Senin, 20 September 2021 | 15:46 WIB

Semarang Panas, Hendi Galakkan Penghijauan

Minggu, 19 September 2021 | 20:08 WIB
X