Turunkan Risiko Dampak Bencana, PMI Grobogan Gelar Pelatihan Sibat

- Rabu, 7 September 2022 | 08:16 WIB
Peserta dari berbagai unsur sedang mengikuti Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). (suaramerdeka.com/Muhammad Khabib Zamzami)
Peserta dari berbagai unsur sedang mengikuti Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). (suaramerdeka.com/Muhammad Khabib Zamzami)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat).

Puluhan orang dari unsur Perangkat Desa, PKK, serta Karangtaruna mengikuti pelatihan yang di gelar selama tiga hari (5-7 September 2022) di Balaidesa Ngembak Kecamatan Purwodadi, belum lama ini.

Ketua PMI Grobogan, Dr Ir Moh Sumarsono, melalui Kepala Markas Djasman mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari itu diikuti 20 peserta dari unsur Perangkat Desa, PKK serta Karangtaruna yang mengikuti pelatihan ini.

Baca Juga: Bersyukurlah 8 Zodiak Ini, Dikencani Rezeki, Semua Bisnis dan Pekerjaan Lancar

"Tujuannya adalah membekali masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana serta masalah kesehatan, bilamana ada bencana di masyarakat semua sudah tanggap," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada sejumlah materi yang akan diberikan selama pelatihan. Diantaranya tentang Kepalangmerahan, Pengorganisasian Masyarakat, VCA & PRA, Mitigasi Bencana, Peta BKRK, Sistem Peringatan dini, rencana aksi dan sejumlah materi lainnya.

Harapannya, melalui pelatihan tersebut bisa mengorganisasi masyarakat.

Baca Juga: Lha Ini Baru Enak, 5 Zodiak Bakal Kerasukan Rezeki dan Cuan, Akan Ada Sepeda Motor Listrik di Garasi Rumah

Sehingga mereka dapat melakukan tindakan preventif dan tindakan awal dalam menghadapi bencana.

Salah satu Fasilitator sekaligus sebagai Kasi Pelayanan Masyarakat, Gesit Kristyawan menyebut pelibatan masyarakat dalam merencanakan kegiatan untuk pengurangan risiko bencana dan kesehatan itu penting.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sungai Lusi Meluap, Satu Rumah Terdampak

Minggu, 13 November 2022 | 21:04 WIB

Bupati Grobogan Lantik 172 Pejabat Fungsional

Rabu, 5 Oktober 2022 | 06:20 WIB
X