Warga Karanganyar Terima Sumbangan Sapi dari Jokowi, Pertama Kali Kurban Setelah Sekian Tahun

- Rabu, 21 Juli 2021 | 15:54 WIB
SERAH TERIMA: Bupati Grobogan, Sri Sumarni melakukan serah terima sapi kurban dari Presiden Jokowi kepada warga Desa Karanganyar, Rabu (21/7). (suaramerdeka.com/Khabib Zamzami)
SERAH TERIMA: Bupati Grobogan, Sri Sumarni melakukan serah terima sapi kurban dari Presiden Jokowi kepada warga Desa Karanganyar, Rabu (21/7). (suaramerdeka.com/Khabib Zamzami)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Warga Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan bersuka cita setelah mendapatkan sumbangan kurban seekor sapi jenis peranakan ongole (Po) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya.

Takmir Masjid Baitul Muslimin, Mashudi menyebut penyembelihan sapi sebagai hewan kurban menjadi yang pertama kali di Desa Karanganyar semenjak puluhan tahun lalu. Biasanya, seusai shalat ied warga langsung kembali ke rumah masing-masing.

"Warga di sini tidak ada yang mampu mengeluarkan hewan kurban karena mayoritas penduduk miskin. Biasanya, warga hanya menyembelih ayam untuk dinikmati satu keluarga," katanya, Rabu (21/7).

Baca Juga: Kepala BIN : Vaksinasi Covid-19 Minimalkan Risiko Kematian

Lokasi Desa Karanganyar sangat terpencil dan jauh dari perkotaan. Sehari-hari warga hanya mengandalkan hasil kebun dan sawah yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan, Desa Karanganyar menjadi satu-satunya wilayah yang mendapatkan bantuan sapi seberat satu ton tersebut di Jawa Tengah.

"Setiap provinsi hanya dijatah satu hewan kurban," ujar Sri Sumarni.

Dijelaskan, sebelumnya pihak terkait telah mensurvey tiga kecamatan yang berada di wilayah Grobogan yakni Kecamatan Gabus, kecamatan Kedungjati dan Kecamatan Geyer. Lantas, Kecamatan Geyer dianggap pantas menerima bantuan karena memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan. "Kriterianya yakni desa tertinggal, warganya jarang mengkonsumsi daging, serta dihuni warga kurang mampu," terang dia.

Baca Juga: Vaksin Abdala dari Kuba Disebut Cegah Kematian Akibat Covid-19, WHO: Belum Selesai Uji Klinis

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apotek di Bugel Kedapatan Jual Obat di Atas HET

Senin, 12 Juli 2021 | 01:28 WIB
X