Sejumlah Desa di Jateng Lakukan Terobosan Tangani Covid-19

- Senin, 19 Juli 2021 | 16:46 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah desa di Jawa Tengah sudah melakukan terobosan dan inovasi dalam melakukan penanganan Covid-19.

Hal itu disampaikan saat dilakukan Rembug Desa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama ratusan kepala desa se-Kabupaten Banjarnegara secara daring, Senin (29/7).

Rembug Desa merupakan program baru yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk melawan Covid-19, terutama varian Delta. Program tersebut dilakukan dengan mendayagunakan entitas desa. Nantinya, program Rembug Desa akan dilaksanakan tiap hari per kabupaten/ kota secara virtual.

Dalam pelaksaan perdana, sejumlah kepala desa mengemukanan strategi di masing-masing desanya dalam menangani Covid-19. Dari 244 lurah/ kepala desa di Kabupaten Banjarnegara, tiga di antaranya sangat antusias menerangkan strategi yang telah dilakukan.

Baca Juga: Upgris Perkuat Kerja Sama Internasional, Kembangkan Teknologi Augmented Reality

Kepala Desa Bawang, Galih Purwandaru mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan terhadap warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri karena terinfeksi Covid-19. Pendataan tersebut dilakukan guna memberikan pantauan lebih lanjut.
Selain itu, untuk mempermudah layanan bagi warganya, pihaknya juga telah membuka call center yang dapat digunakan warga untuk berkomunikasi terkait penanganan Covid-19.

“Ada sekitar 22 (orang) yang positif dan sedang isoman. Kami data, kami punya datanya. Kami juga punya call center yang melayani 24 jam untuk warga yang mau komunikasi, bertanya terkait penanganan corona di desa kami,” ujarnya, kepada Gubernur.

Bukan hanya itu, program Jogo Tonggo juga dioptimalkan, terutama untuk membantu secara sosial kepada mereka yang sedang isolasi mandiri.

“Kami sudah menganggarkan dengan dana desa untuk penanganan Covid-19. Tapi kami juga mengoptimalkan Jogo Tonggo,” lanjutnya.

Sedangkan pelaksanaan PPKM, pihaknya secara rutin melakukan operasi yustisi bekerja sama dengan TNI/Polrri, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat, hingga RT/RW.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X