PD Muhammadiyah Grobogan Anjurkan Umat Shalat Iduladha di Rumah Saja, Takbiran Terbatas Diperbolehkan

- Senin, 19 Juli 2021 | 15:46 WIB
Shalat Id. (suaramerdeka.com / dok)
Shalat Id. (suaramerdeka.com / dok)

 

GROBOGAN, suaramerdeka.com – Pimpinan Daerah PP Muhammadiyyah Kabupaten Grobogan, menganjurkan umatnya agar melakukan ibadah shalat Idul Adha di rumah masing-masing. Hal itu disampaikan Ketua PD Muhammadiyah Grobogan, Jati Purnomo melalui video pendek berdurasi dua menit.

Keputusan tersebut dilakukan merujuk pada surat edaran dari Menteri Agama dan surat edaran dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang pedoman ibadah. Pimpinan Muhammadiyah, juga mengajak umatnya untuk senantiasa menyerukan takbir dan tahmid pada hari Idul Adha hingga hari tasyrik.

Umat dianjurkan agar melakukannya di rumah saja. Namun demikian, pihaknya tetap memperbolehkan umat yang hendak mengumandangkan takbir dan tahmid di masjid atau mushala secara terbatas.

Baca Juga: Pedri Diyakini Masih akan Bersinar di Olimpiade Tokyo 2020

“Kemudian perihal shalat Idul Adha, untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan maka dilakukan di rumah saja bersama keluarga dengan imam dan khatib dipimpin oleh kepala rumah tangga atau anggota keluarga yang ada,” ujar Jati Purnomo, Senin (19/7).

Adapun dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pihaknya mengimbau agar jumlah panitia penyembelih kurban dibatasi. Pelaksana penyembelihan kurban yakni bidang Ketahanan Pangan dan Kebencanaan dari Muhammdiyah bekerja sama dengan Lazismu dipersilakan membagikan hasil kurban langsung ke rumah-rumah.

“Kiranya ihtiar maksimal itu insya Allah, Allah akan bisa mengangkat pandemi Covid-19 dan segala ihtiar kita menjadi bagan dari amal ibadah kita di sisi Allah,” harapnya.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Grobogan Bakal Perketat Pengawasan Orang Asing

Jumat, 24 September 2021 | 20:29 WIB

Pelaku Pentas Seni di Grobogan Rindu Mentas

Jumat, 10 September 2021 | 18:22 WIB

Santri Ponpes Fadlul Wahid Divaksin

Selasa, 7 September 2021 | 23:18 WIB

Tradisi 10 Asyura, BKK Pulokulon Santuni Anak Yatim

Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:31 WIB
X