Istimewa, Kampung Tengah Alaska Salatiga Tetap Zero Covid-19

- Minggu, 18 Juli 2021 | 16:43 WIB
Camat Sidorejo Kota Salatiga, Guntur Junanto SSTP menyerahkan penghargaan kepada pengurus PKK RW 6 Sembir, menjadi Kampung Zero Covid-19. (SM/Surya Yuli P)
Camat Sidorejo Kota Salatiga, Guntur Junanto SSTP menyerahkan penghargaan kepada pengurus PKK RW 6 Sembir, menjadi Kampung Zero Covid-19. (SM/Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Ketika pandemi Covid-19 sudah merata di berbagai daerah, mendapat julukan Kampung Zero Covid-19 merupakan suatu kebanggaan. Seperti halnya RW 6 Sembir, Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Kampung yang berada di pertengahan kebun karet atau alas karet (alaska) itu, sejak awal pandemi, mampu mempertahankan disiplin dan kekompakan warga melaksanakan protokol kesehatan.

Kampung Sembir sebenarnya bukan berada di daerah terisolir atau daerah terpencil. Bahkan berada di jalur alternatif Kota Salatiga - Kecamatan Tuntang, yang cukup ramai.

Namun dengan sistem jogo tonggo yang diterapkan dengan baik, maka siapa pun pendatang yang masuk, harus tetap menjaga jarak dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Mahasiswa UIN KHAS Jember Borong Juara 1, 2, 3 Semnasbama Nasional

Di sepanjang jalan wilayah tersebut, berjejer sarana cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun atau handsanitizer. Warga juga saling mengingatkan bila ada yang tidak menggunakan masker.

Hampir setiap waktu Tim Jogo Tonggo bersama pengurus RW 6 Sembir, dengan genjar dan tidak bosan-bosannya mengingatkan agar warga disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Ketika pemerintah menerapkan kebijakan di rumah saja dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, dengan kesadaran warga tidak pergi ke mana-mana.

Kecuali untuk pekerja yang berkaitan dengan layanan logistik dan keamanan. Warga yang tidak kecukupan ekonomi, juga dibantu, sehingga mendapat ketersediaan sembako agar bisa tetap bertahan hidup di rumah.

Beberapa petani ada yang bekerja di lahan mereka, dengan tetap menjaga jarak dengan warga lainnya. Mereka juga tidak sembarangan menerima orang luar atau tamu yang datang.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Bangkitkan Ekonomi, Warga Mrican Rintis Kuliner Budaya

Selasa, 21 September 2021 | 23:10 WIB

Program Stimulus, PLN Beri Keringanan Pembayaran Listrik

Minggu, 19 September 2021 | 09:38 WIB

Kodim Salatiga Bagikan 1.000 Paket Beras ke Kru Angkutan

Jumat, 17 September 2021 | 20:02 WIB

Giatkan Lumbung Pangan Bantu Warga Isoman

Minggu, 12 September 2021 | 20:49 WIB

Rutan Salatiga Menuju Zona Integritas WBK

Selasa, 7 September 2021 | 15:31 WIB

Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil Perlu Dipercepat

Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:24 WIB
X