Kontainer Swab PCR Percepat Testing Covid-19, Sehari Bisa Periksa 138 Sampel

- Jumat, 16 Juli 2021 | 15:31 WIB
TINJAU: Bupati Grobogan, Sri Sumarni saat meninjau langsung kontainer Mobile Swab PCR di Dinkes Grobogan, Jumat (16/7). (suaramerdeka.com/Moh Khabib Zamzami)
TINJAU: Bupati Grobogan, Sri Sumarni saat meninjau langsung kontainer Mobile Swab PCR di Dinkes Grobogan, Jumat (16/7). (suaramerdeka.com/Moh Khabib Zamzami)

 

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Selama PPKM Darurat, Polres Grobogan mendatangkan kontainer Swab PCR yang ditempatkan di Dinkes Grobogan. Dalam sehari, Mobile Swab PCR itu diperkirakan bisa memeriksa hingga 138 sampel.

Kontainer sengaja di tempatkan di halaman Dinkes tersebut untuk mendukung upaya percepatan testing Covid-19 di Kabupaten Grobogan. Lantaran hasilnya bisa ditunggu dalam hitungan jam.

"Selama ini pengujian sampel swab dikirim di laboratorium Semarang, mengalami antrean yang cukup lama, jika kasus sedang tinggi bisa 4-5 hari baru jadi hasilnya," tutur Bupati Grobogan, Sri Sumarni saat meninjau langsung ke Dinkes Grobogan, Jumat (16/7).

Baca Juga: Diduga Konsleting, Mobil Pikap Hangus Terbakar Dekat SPBU Gegerkan Warga

Sri Sumarni mengapresiasi dan berterima kasih pada Polri atas inisiatif ini. Mobile Swab PCR diharapkan dapat membantu pengujian menjadi lebih cepat dari rumah sakit dan puskesmas sehingga hasilnya cepat diketahui.

"Mudah-mudahan dengan adanya Mobile Swab PCR hasilnya cepat diketahui dan yang positif bisa segera isolasi. Pasien yang negatif bisa segera dipindahkan sehingga bisa mengurangi BOR," kata Sri Sumarni.

Dikatakan Bupati, selama ini proses swab PCR menunggu 3-10 hari, sehingga angka BOR di Grobogan selalu tinggi. Sedangkan lewat Mobile Swab PCR ini diklaim bisa terdeteksi hanya dalam waktu 6 jam.

Sementara itu, Kapolres Grobogan AKBP, Benny Setyowadi berharap dengan adanya kontainer Swab PCR ini diharapkan upaya pengujian menjadi lebih cepat dan upaya 3T meliputi tracing, testing dan tratment menjadi lebih optimal.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Grobogan Bakal Perketat Pengawasan Orang Asing

Jumat, 24 September 2021 | 20:29 WIB

Pelaku Pentas Seni di Grobogan Rindu Mentas

Jumat, 10 September 2021 | 18:22 WIB

Santri Ponpes Fadlul Wahid Divaksin

Selasa, 7 September 2021 | 23:18 WIB

Tradisi 10 Asyura, BKK Pulokulon Santuni Anak Yatim

Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:31 WIB
X