Penanganan Covid-19 Harus Berani Out Of the Box

- Kamis, 15 Juli 2021 | 19:04 WIB
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)
Ilustrasi Covid-19 (pixabay)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Pemerintah harus segera turun tangan memenuhi kebutuhan obat masyarakat, menyusul terjadinya kelangkaan sejumlah obat yang disinyalir dapat menyembuhkan pasien Covid-19, di beberapa apotek di Kota Salatiga.

Dengan adanya ketersediaan obat yang cukup bagi masyarakat, maka akan menciptakan rasa tenang.

Hal itu diungkapkan Ketua Fraksi Demokrat-Golkar DPRD Kota Salatiga, Ir Hj Diah Sunarsasi, kemarin.

''Setahu saya mereka yang membeli obat berdasarkan resep dokter, untuk kebutuhan isolasi mandiri (isoman) setelah dinyatakan positif Covid-19. Ketika hendak membeli dan obat yang dibutuhkan itu tidak ada, maka akan menimbulkan kecemasan,'' kata mantan Wakil Wali Kota Salatiga itu.

Diah menjelaskan, inilah peran pemerintah dalam hal ini Pemkot Salatiga, untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat. Bila perlu pemerintah menyediakan obat kebutuhan pasien isoman Covid-19 tersebut secara gratis.

Baca Juga: Hindari Rentenir, BRI Fasilitasi Usaha Kecil Akses KUR Super Mikro

Terlebih saat ini Pemerintah Kota Salatiga sudah merefokus anggaran puluhan miliar, dari sejumlah kegiatan yang ditunda, guna menanganai pandemi Covid-19.

''Obat-obatan untuk penanganan Covid-19 harus segera dipenuhi. Baik itu di rumah sakit, puskesmas, balai pengobatan, dan apotek. Apotek itu juga harus dipenuhi karena mitra dan menjadi jujukan warga ketika membutuhkan obat dengan cara membeli,'' tegas Diah.

Menurutnya, saat ini beberapa jenis obat untuk penanganan Covid-19 sangat vital, sehingga harus tersedia cukup. Minimal di Kota Salatiga tersedia obat 5 persen dari total jumlah penduduk Salatiga.

Pemerentah sudah harus mempunyai estimasi kebutuhan obat bagi warga yang terpapar Covid-19 hingga Desember mendatang. Tujuannya agar tidak terjadi lagi kelanggkaan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Nelayan Rawapening Dilindungi Asuransi

Selasa, 30 November 2021 | 21:46 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X