Vaksinasi Sasar 1.000 Pelajar SMP-SMA, Gunawan Saptogiri: Pelajar SD dan TK Tunggu Rekomendasi

- Rabu, 14 Juli 2021 | 17:58 WIB
VAKSINASI PELAJAR : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meninjau vaksinasi pelajar di SMP Negeri 3 Semarang, Rabu (14/7). (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)
VAKSINASI PELAJAR : Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat meninjau vaksinasi pelajar di SMP Negeri 3 Semarang, Rabu (14/7). (suaramerdeka.com/Hendra Setiawan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah terus melanjutkan program vaksinasi. Kali ini menyasar pelajar SMP dan SMA yang memiliki usia 12-17 tahun. Kegiatan vaksinasi pelajar tersebut resmi dimulai Rabu (14/7) di SMP Negeri 3 Semarang.

Namun, vaksinasi untuk siswa SD dan di bawahnya belum dilakukan, atau anak di bawah usia 12 tahun. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menuturkan, hingga saat ini, pemerintah baru merekomendasikan vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun, sedangkan umur di bawahnya, belum ada rekomendasi. Karena itu, vaksinasi bagi pelajar SD dan di bawahnya belum dilakukan.

''Apakah nanti pembelajaran tatap muka bagi siswa SD dan di bawahnya, harus menunggu vaksinasi, kami masih menunggu rekomendasi dari pemerintah pusat,'' ujar Gunawan Saptogiri, saat meninjau vaksinasi di SMP Negeri 3, Rabu (14/7).

Baca Juga: Kepala Balai Wiyata Guna Sudarsono: Sebagai Bawahan, Siap Laksanakan Perintah

Dia menjelaskan, vaksinasi bagi pelajar SMP dan SMA diakomodir oleh pihak sekolah. Sebelumnya, pihak sekolah juga meminta izin kepada orangtua siswa, apakah diperbolehkan dilakukan vaksin atau tidak.

''Ada orangtua siswa tidak mengizinkan, ini tidak masalah. Program vaksinasi pelajar jalan terus. Nanti sewaktu-waktu, orang tua siswa bisa saja setuju. Target kami untuk vaksinasi pelajar, maksimal dua bulan,'' tambah Gunawan.

Dia menambahkan, vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun diberikan kepada 1.000 pelajar. Pada vaksinasi hari pertama yang dilaksanakan di SMP 3 Semarang tercatat 640 pelajar yang divaksin. Jumlah tersebut merupakan pelajar dari SMP N 3, SMP N 2, SMP N 15 dan SMP N 32 Semarang.

Sedangkan 360 dosis vaksin sisanya akan dilaksanakan setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang terkait waktu pelaksanaannya.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DLH Kota Semarang Tetapkan 15 Sekolah Adiwiyata 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:51 WIB
X