Unicef Sebut 463 Juta Anak Tak Bisa Ikuti PJJ, Rektor Upgris: Jadi Tantangan Pendidik

- Rabu, 14 Juli 2021 | 14:58 WIB
SAMPAIKAN SAMBUTAN : Rektor Upgris, Dr Muhdi menyampaikan sambutan pada webinar ke-2 rangkaian dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang, Rabu (14/7). (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
SAMPAIKAN SAMBUTAN : Rektor Upgris, Dr Muhdi menyampaikan sambutan pada webinar ke-2 rangkaian dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang, Rabu (14/7). (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Selama masa pandemi, pendidik dihadapkan pada sejumlah tantangan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang tidaklah mudah.

Ketua Umum PB PGRI Prof Unifah Rosyidi menyampaikan, dampak pandemi Covid-19 pada sektor pendidikan sangat luar biasa.

Data dari Unicef, terdapat 463 juta anak tidak bisa mengikuti pendidikan jarak jauh. Sebanyak 70 persen atau 120 juta anak usia PAUD tidak mampu dijangkau.

"Sekitar 29 persen atau 217 juta anak SD tidak dapat dijangkau. Lalu 24 persen atau 78 juta anak SMP tidak dapat diakses serta 18 persen atau 78 juta anak SMA tidak memiliki aset teknologi untuk mengakses pembelajaran jarak jauh," kata Unifah pada webinar ke-2 rangkaian dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang (Upgris), Rabu (14/7).

Baca Juga: 30 BEM Sinergi dengan Bareskrim Gelar Vaksinasi Massal, 1.566 Mahasiswa Bakal Divaksin

Ia menilai, sebagian besar persoalan itu muncul karena keterbatasan pembelajaran daring untuk anak-anak. Selain itu kurangnya program serta sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Rektor Upgris, Dr Muhdi menuturkan, tahun ini menjadi momen penting bagi perguruan tinggi ini dalam menapaki usia yang ke-40. Pihaknya terus menghasilkan dalam penelitian, pendidikan, pelatihan, dan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan makna bagi kehidupan.

"Kami memiliki keunggulan dalam semua aspek. Banyak prestasi yang terus ditorehkan dari civitas akademikanya. Tantangan pendidikan dalam kondisi pandemi ini agar semua bisa bergotong royong. Kami yakin guru mampu menghadapi perubahan abad 21 dengan baik," tutur Muhdi.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ronda Bisa Online, Kini Ada CCTV di Tiap Jalan RT

Kamis, 16 September 2021 | 18:25 WIB

Warga Binaan Pemasyarakatan Jalani Tes HIV

Kamis, 16 September 2021 | 15:47 WIB
X