Kebijakan Memadamkan Lampu PJU Selama PPKM Darurat Menuai Pro dan Kontra, Ini Kata Pengamat

- Selasa, 13 Juli 2021 | 10:22 WIB
Lampu PJU. (foto ilustrasi: istimewa) (Nugroho Wahyu Utomo)
Lampu PJU. (foto ilustrasi: istimewa) (Nugroho Wahyu Utomo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kebijakan memadamkan lampu penerangan jalan umum (PJU) selama pelaksanaan PPKM Darurat di kota Semarang, sempat menulai pro dan kontra di masyarakat.

Di akun instagram (IG) Info Kejadian Semarang, sontak masyarakat memberikan tanggapan, baik pro dan kontra.

Bahkan tidak sedikit komentar dari masyarakat yang mengundang gelak tawa: iki meh ngusir corona opo laron, kok lampu dalan dipateni (ini mau ngusir corona atau laron, kok lampu jalan dipadamkan)?

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Unika: Gandeng 4 Puskesmas, Diawasi Langsung Dinas Kesehatan

Sebagian masyarakat yang pro, mendukung penuh upaya pemkot Semarang dalam memadamkan lampu PJU selama masa PPKM Darurat.

Mereka juga berharap, covid-19 segera lenyap dari kota Semarang, juga Indonesia.

Sementara yang kontra, mayoritas mengeluhkan mereka yang harus bekerja sampai malam hari, apakah dengan lampu PJU dipadamkan akan dijamin keamanan sepanjang jalan itu.

Masyarakat pun khawatir, pemadaman lampu PJU selama PPKM Darurat justru akan mengundang aksi kriminalitas macam begal di jalan, atau di tempat gelap digunakan untuk kegiatan tidak senonoh (seks bebas).

Pengamat Transportasi di Kota Semarang yang juga Ketua Komunitas Pejalan Kaki Kota Semarang (KPKS), Theresia Tarigan mengatakan, bahwa dengan memadamkan lampu PJU berarti akan mengancam keselamatan para pekerja malam dan dini hari.

"Mereka seperti para pedagang pasar yang mulai beraktivitas sejak pukul 03.00 dini hari justru tidak bisa dihalangi. Sebab mereka butuh hidup. Oleh sebab itu pemadaman lampu PJU pada malam hari termasuk dini hari adalah sama saja mengancam keselamatan mereka," kata Theresia Tarigan, melalui pesan WhatsApp ke suaramerdeka.com, Selasa, 13 Juli 2021.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X