Narasi Positif Media Massa Percepat Pemulihan Ekonomi dan Covid-19

- Senin, 12 Juli 2021 | 19:21 WIB
WEBINAR : Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi menjadi Keynote Speaker dalam Webinar Sinergitas Kebijakan Ekonomi Pemerintah Pusat dan Daerah Hadapi Pandemi, Senin 12 Juli 2021. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)
WEBINAR : Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi menjadi Keynote Speaker dalam Webinar Sinergitas Kebijakan Ekonomi Pemerintah Pusat dan Daerah Hadapi Pandemi, Senin 12 Juli 2021. (suaramerdeka.com/Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Program dan kebijakan pemerintah pusat hingga daerah dalam upaya memutus mata rantai penularan covid-19 serta pemulihan ekonomi memerlukan peran serta media massa.

Hampir semua pemerintah daerah saat ini sedang berupaya keras untuk menekan penyebaran covid-19 melalui PPKM mikro dan PPKM darurat. Pelaksanaan kebijakan tak jarang menimbulkan kontraksi di tengah masyarakat.

Hal itu terjadi lantaran program atau kebijakan pemerintah kurang dapat dipahami masyarakat karena mereka tidak menerima informasi secara utuh dan detail.

Baca Juga: PPKM Darurat Berakhir, Kudus Tetap Batasi Mobilitas Warga dan Perketat Prokes

"Di sinilah peran penting media massa untuk menjadi penyampai informasi, sekaligus sebagai kontrol sosial dengan menyampaikan fakta sebenarnya sehingga antara harapan pemerintah dan keinginan masyarakat terjembatani," kata Amir Machmud, Ketua PWI Jateng saat menjadi nara sumber dalam Webinar bertema “Sinergitas Kebijakan Ekonomi Pemerintah Pusat dan Daerah Hadapi Pandemi” yang digelar PWI Demak, Koruki dan Forwonede, Senin 12 Juli 2021.

Dengan narasi positif media massa maka akan mengikis ketakutan dan memunculkan sikap optimisme masyarakat untuk bangkit dan melewati pandemi dengan cepat.

Selain Amir Machud, acara dengan keynote speaker Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi juga menghadirkan pembicara lain yakni Adriyanto dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Pribadi Santoso (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jateng), Zayinul Fata (Wakil Ketua DPRD Demak), Singgih Setyono (Sekda kabupaten Demak), Sam’ani Intakoris, (Sekda Kabupaten Kudus), dan Edy Sujattmiko (Sekda Kabupaten Jepara).

Baca Juga: Isolasi Mandiri, Begini Tips Kelola Sampah Infeksius Covid-19

Diakui Adriyanto, pemerintah tidak bisa mengesampingkan peran media massa. Karena melalui media berbagai program dan kebijakan pemerintah dapat tersampaikan kepada khalayak.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekonomi Warga Belum Membaik, FKPPI Gelar Baksos

Minggu, 12 September 2021 | 18:42 WIB

Pemkab Demak Bawa Pengelola Karaoke ke Meja Hijau

Rabu, 8 September 2021 | 18:22 WIB
X