Bursa Tosan Aji Se-Nusantara, Puluhan Keris dan Benda Pusaka Dipamerkan

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:24 WIB
Pengunjung melihat-lihat keris yang dipamerkan pada Pameran dan Bursa Tosan Aji se-Nusantara di Monod Diephuis Kota Lama, Selasa 23 Agustus 2022.  (suaramerdeka.com / Pamungkas Suci Ashadi)
Pengunjung melihat-lihat keris yang dipamerkan pada Pameran dan Bursa Tosan Aji se-Nusantara di Monod Diephuis Kota Lama, Selasa 23 Agustus 2022. (suaramerdeka.com / Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Puluhan keris dan bunda pusaka dipamerkan dalam Pameran dan Bursa Tosan Aji se-Nusantara di Monod Diephuis Kota Lama, Selasa 23 Agustus 2022.

Pameran tersebut diselenggarakan oleh Pecinta Tosan Aji (Peta Semar), biasanya rutin tiap tahun.

Namun karena pandemi Covid-19, pameran baru bisa digelar Tosan Aji tahun ini.

Baca Juga: Cek Asmara Zodiak Hari Ini Rabu 24 Agustus 2022: Kejutan Capricorn, Periode Bergairah Aquarius dan Pisces

Ketua Panitia, Adwi Sujatmiko, atau yang akrab disapa Demang Banyu menjelakan Pecinta Tosan Aji Semarang (Peta Semar) merupakan perkumpulan pemuda di Kota Semarang.

Para pemuda tersebut ingin melestarikan budaya dari benda-benda pusaka Tosan Aji.

"Pameran ini dihadiri oleh peserta se-Nusantara. Dari Malang, Trenggalek, Tegal, Surabaya, Jakarta, Madiun, Solo, Jogja, hingga berbagai kota lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: PSIS Semarang Putus Kerja Sama Sponsor Terduga Portal Judi

Dalam acara tersebut dipamerkan benda pusaka dari 10 tempat atau pitrin di lantai bawah, kemudian lebih dari 80 peserta di lantai atas.

"Pitrin ini kan tempat yang bisa mencakup lima keris atau pusaka tosan aji. Tosan aji itu kan besi yang dilestarikan seperti tombak, keris, pedang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lontong Cap Go Meh Simbol Pembauran dan Kerukunan

Senin, 6 Februari 2023 | 18:23 WIB
X