Pembiayaan 83 Sekolah Swasta Gratis Ditanggung BOS dan Dana Hibah

- Kamis, 1 Juli 2021 | 17:48 WIB
PENDAFTARAN : Para orangtua calon peserta didik SD, saat mendaftarkan anaknya lewat jalur luring di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.co/Muhammad Arif Prayoga)
PENDAFTARAN : Para orangtua calon peserta didik SD, saat mendaftarkan anaknya lewat jalur luring di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, beberapa waktu lalu. (suaramerdeka.co/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Keseluruhan pembiayaan bagi siswa yang menempuh pendidikan di sekolah swasta gratis di Kota Semarang, akan ditanggung menggunakan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dana hibah. Ini berlaku bagi tingkatan TK, SD, dan SMP.

Artinya, siswa akan mendapatkan dua pembiayaan setiap tahunnya jika bersekolah di 83 sekolah swasta gratis yang ditunjuk Pemkot Semarang melalui Dinas Pendidikan (Disdik). Adapun sumber penganggarannya, BOS berasal dari APBN sedangkan dana hibah sumber anggaran berasal dari APBD Kota Semarang 2021.

''Masing-masing siswa menerima besaran yang berbeda-beda di setiap tingkatannya. Dana BOS tingkat TK sebesar Rp600 ribu dan dana hibah Rp1,2 juta, diberikan kepada setiap siswa/tahun.

Sementara dana BOS untuk siswa SD sebanyak Rp900 ribu dan dana hibah Rp1,5 juta, sedangkan siswa SMP menerima dana BOS Rp1,1 juta dan dana hibah Rp1,8 juta,'' ujar Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri.

Baca Juga: 90 Persen Produksi Oksigen Medis Bakal Dialokasikan, Jaga Pasokan Jawa-Bali

Kedua pendanaan tersebut, lanjut dia, langsung diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan atau sekolah yang ditunjuk. Pemanfaatannya nanti bergantung pada sekolah-sekolah tersebut.

Selain itu, Gunawan Saptogiri menyampaikan jika mereka yang mengenyam pembelajaran di sekolah negeri dan swasta gratis, tidak akan lagi dipungut biaya-biaya lain seperti SPP.

''Hanya saja, bebas biaya bulanan tidak berlaku di luar sekolah negeri dan sekolah swasta gratis. Tujuan adanya pembebasan biaya sekolah tersebut, karena Pemkot Semarang berkeinginan agar anak usia sekolah harus menempuh pendidikan sekolah. Kalau seandainya ada anak usia sekolah tidak mendapatkan sekolah, maka sampaikan kepada kami, nanti akan dicarikan sekolah,'' tegas dia.

Baca Juga: Isolasi Diri dari Media Sosial Dianjurkan untuk Pasien Isoman, Hindari Imun Tubuh Turun

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X