KPH Gundih Gandeng Warga dan Layanan 110 Cegah Karhutla

- Kamis, 1 Juli 2021 | 16:28 WIB
Anggota Polres, dan KPH Gundih menggelar rapat koordinasi dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk mengatasi Karhutla. SM/Dok
Anggota Polres, dan KPH Gundih menggelar rapat koordinasi dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk mengatasi Karhutla. SM/Dok

PURWODADI, suaramerdeka.com - Wilayah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Gundih sejak Januari hingga Juni 2021 aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini selain karena musim kemarau basah, juga dukungan masyarakat di sekitar hutan.

Administratur KPH Gundih, Khaerudin menyampaikan hal tersebut saat Focus Group Discussion (FGD) sosialisasi layanan kepolisian 110, belum lama ini. Layanan tersebut dalam rangka penanggulangan Karhutla di kawasan hutan KPH Gundih.

"Saya sampaikan dari Januari-Juni 2021, Alhamdulillah tidak ada karhutla di kawasan hutan KPH Gundih. Hal ini selain karena musim kemarau basah atau masih ada hujan, juga dukungan masyarakat hutan. Bekerja sama menjaga kawasan hutan dari bahaya kebakaran," terang Khaerudin di kegiatan FGD yang dihadiri Wakapolres Grobogan, Kompol Samsu Wirman.

Baca Juga: Magelang Zona Oranye Siap PPKM Darurat, Wali Kota Tetap Tunggu Surat Resmi dari Pusat

FGD diikuti Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Grobogan, anggota Polisi Kehutanan (Polhut) KPH Gundih. Kegiatan digelar di aula Kantor BKPH Monggot KPH Gundih, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Rabu 30 Juni 2021.

"Fungsi dan manfaat hutan harus seiring dan seimbang sehingga kelestarian lingkungan dan hutan tetap terjaga. Dengan adanya pembinaan dan FGD ini diharapkan bisa memberikan solusi. Sehingga dapat menekan bahkan mencegah tingkat kerusakan hutan dan lingkungan," kata Khaerudin.

Luas kawasan KPH Gundih, 30.049,43 hektare terbagi dalam kawasan produksi, 24.587,76 hektare. Kemudian, lanjut Khaerudin, kawasan perlindungan, 3.132,59 hektare dan kawasan penggunaan lain, 2.329,08 hektare.

Baca Juga: UMKM Terimbas PPKM Darurat, Omzet Diprediksi Turun 60%: Kemenkop UKM sebut Penyaluran BLT Bakal Terlambat

Wilayah KPH Gundih, menurut Khaerudin, berbatasan dengan KPH Telawas (sisi barat), KPH Purwodadi (sisi utara), KPH Randublatung (sisi timur), dan KPH Surakarta dan KPH Ngawi (sisi selatan).

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Muslimat dan Fatayat Dilatih Pemulasaraan Jenazah

Minggu, 17 Oktober 2021 | 21:25 WIB

Pemkab Grobogan Bakal Perketat Pengawasan Orang Asing

Jumat, 24 September 2021 | 20:29 WIB
X