Klaster Internal di RSJ Amino Gondohutomo, 47 ODGJ Positif Covid-19

- Selasa, 29 Juni 2021 | 17:07 WIB
 RSJ Amino Gondohutomo Semarang/Foto dokumentasi
RSJ Amino Gondohutomo Semarang/Foto dokumentasi

SEMARANG, suaramerdeka.com - 47 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yang terpapar Covid-19 akibat klaster internal dirawat di RSJ Amino Gondohutomo Semarang.

Direktur RS Amino Gondohutomo Alek Jusran mengatakan pada 2021 ini memang terjadi peningkatan kasus penularan Covid-19 dan sempat menjadi klaster di RS Amino Gondohutomo.

"Tertinggi di bulan Juni, karena ada klaster internal bangsal jiwa. Ada pasien baru mondok, saat dirapid negatif. Setelah dirawat ternyata dia sudah berinteraksi dengan sebangsalnya dan melebar ke bangsal yang lain.

Baca Juga: Percepat Rekomendasi Sinovac untuk Anak, IDI Tak Sarankan Vaksinasi untuk Usia 3-11 Tahun

Ternyata dia positif dari hasil PCR, dan setelah dilacak sudah menulari yang lain termasuk perawat kita serta psikiater kita. Saat itu ada 55 orang yang positif,” katanya, Selasa 29 Juni 2021.

Alek menyebutkan, untuk penanganan dan perawatan pasien ODGJ yang terpapar COVID-19 sama dengan masyarakat pada umumnya. Pihaknya juga menyiagakan empat unit ICU, untuk penanganan pasien dengan gejala berat.

Menurutnya ODGJ bisa terpapar dan kondisinya bisa lebih parah karena sistem imun yang tidak terlalu baik. Hal ini karena ODGJ tidak bisa diatur dan memiliki daya tahan yang tidak terlalu baik.

 

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ziarah Edukasi, Siswa Observasi Taman Makam Pahlawan

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:01 WIB

Hendi Minta FKPPI Kawal Persatuan NKRI

Minggu, 24 Oktober 2021 | 20:55 WIB
X