Cuaca Tidak Menentu, Waspada Penyebaran Flu Burung

- Jumat, 25 Juni 2021 | 18:33 WIB
Staf UPBS Ayam KUB BPTP Jawa Tengah sedang memberikan vaksin kepada ayam yang baru menetas sebelum didistribusikan ke masyarakat peternak, baru-baru ini.
Staf UPBS Ayam KUB BPTP Jawa Tengah sedang memberikan vaksin kepada ayam yang baru menetas sebelum didistribusikan ke masyarakat peternak, baru-baru ini.

UNGARAN, suaramerdeka.com - Pemkab Semarang melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang telah mendistribusikan vaksin untuk mengantisipasi penyebaran virus avian influenza (AI) atau flu burung pada unggas.

Berbagai antisipasi, menurut Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang, Wigati Sunu sudah dilakukan sejak dini. Diawali dengan survei ke lapangan mencari data.

“Alhamdulilah Kabupaten Semarang aman, namun demikian kita tidak boleh lengah,” katanya, Jumat (25/6).

Baca Juga: Sambut HUT Bhayangkara, Polda Jateng Bagikan 35.000 Paket Sembako

Apalagi perubahan cuaca di Kabupaten Semarang akhir-akhir ini cukup ekstrem, sehingga berisiko menimbulkan wabah penyakit pada hewan khususnya unggas.

Sejalan dengan itu, Wigati Sunu juga sudah menyiagakan petugas di Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan yang ada di hampir setiap kecamatan.

Baca Juga: Mendalami Alquran Melalui Grammar, Ad Darsur Khomsa (Pelajaran V)

Petugas di sana, nantinya yang akan meneruskan informasi serta melakukan tindakan di lapangan semisal ada laporan dari peternak yang ternaknya mengalami gejala penyakit tersebut.

“Ketika ada gejala AI, bisa langsung komunikasi dengan dokter hewan di Puskeswan. Yang jelas vaksinasi unggas dilaksanakan rutin pada bulan-bulan tertentu,” jelas dia.

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB

Pendapatan Menurun, KPRI MAS Tetap Berikan Beasiswa

Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:15 WIB
X