Darah yang Kita Donorkan Memberi Kesempatan Hidup Orang Lain

- Rabu, 23 Juni 2021 | 18:27 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat melakukan donor plasma kovalesen di RS dr Kariadi, beberapa waktu lalu
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat melakukan donor plasma kovalesen di RS dr Kariadi, beberapa waktu lalu

SEMARANG, suaramerdeka.com - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan penanganan kasus Covid-19 yang dalam beberapa minggu terakhir mengalami hal yang terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang.

Mulai dari memperketat aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dengan menutup tempat-tempat hiburan dan tempat wisata, hingga penutupan beberapa ruas jalan.

Hendi juga mengajak masyarakat khususnya penyitas Covid-19 untuk pro aktif mendonorkan plasma konvalesen. Tujuanya untuk membantu pemulihan pasien Covid-19.

Menurutnya transfusi plasma konvalesen yang merupakan antibodi eks pasien Covid-19 menjadi salah satu metode paling efektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Untuk itu, penyediaan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 saat ini juga dianggap sebagai salah satu upaya konkrit dalam penanganan kasus Covid-19.

Baca Juga: PKB Cilacap - Garda BMI Beri Pendampingan dan Bantuan TKI Korban Kecelakaan Kerja di Taiwan

"Saya mengajak sedulur-sedulur warga Kota Semarang khususnya yang telah sembuh dari Covid-19 atau penyintas secara proaktif untuk mendonorkan konvalesen plasma darah. Ini bisa membantu saudara-saudara kita yang saat ini dirawat akibat terpapar Covid-19," tutur wali kota yang akrab disap Hendi ini.

Namun di sisi lain, Hendi menyebutkan masih ada sejumlah kendala dalam melakukan terapi plasma konvalesen secara masif. Pertama, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya.

 

Baca Juga: Pemkot Magelang - Pattiro Kerja Sama Keterbukaan Informasi Publik

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X