Puluhan Warga Positif Covid-19 Jalani Tes Swab Ulang

- Rabu, 23 Juni 2021 | 09:24 WIB
Ketua HKTI Perempuan Jateng, Nur Faisah memberikan obat terapi covid kepada warga yang terindikasi positif Covid-19 di Kantor Kecamatan Semarang Timur. (suaramerdeka.com/Eko Fataip) (Eko Fataip)
Ketua HKTI Perempuan Jateng, Nur Faisah memberikan obat terapi covid kepada warga yang terindikasi positif Covid-19 di Kantor Kecamatan Semarang Timur. (suaramerdeka.com/Eko Fataip) (Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Puluhan warga yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 kembali menjalani tes swab ulang.

Tes difasilitasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Perempuan Jateng dan PT Harsen Laboratories ini dilangsungkan di kantor Kecamatan Semarang Timur, Selasa (22/6).

Menurut Ketua HKTI Perempuan Jateng, Nur Faisah, dari 30-an warga yang ikut serta dalam kegiatan ini, seluruhnya dinyatakan sembuh alias negatif Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Alarm Pemerintah untuk Waspada dan Bergerak Cepat

Mereka awalnya diketahui positif dari hasil tes swab sebelumnya, yang dilakukan di beberapa wilayah seperti Gayamsari, Pedurungan, dan Banyumanik.

"Jadi untuk memastikan kesembuhan mereka, kami lakukan tes swab ulang kepada warga yang positif di awal. Dari jumlah 50-an peserta yang positif, 30 di antaranya sudah negatif, sisanya belum menjalani tes ulang. Kami juga memberikan ivermectin sebagai obat terapi Covid-19," katanya.

Camat Semarang Timur, Nurul Hidayati meminta warga berperan menyukseskan program vaksinasi pemerintah. Pihaknya berharap kepada warga untuk lebih peduli terhadap vaksinasi dengan sukarela mendaftarkan diri dalam program ini.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Ganjar Pranowo Minta Warga Kurangi Mobilitas

Data yang dihimpun, cakupan vaksinasi di Semarang masih pada kisaran 45 persen dari 540 ribu warga di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Angka persentase itu masih kurang 25 persen dari yang disasar atau ditargetkan Kementrian Kesehatan, yakni 70 persen untuk bisa tercapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X