Disdik Buka Pendaftaran Offline, Bila Sekolah Kekurangan Siswa

- Senin, 21 Juni 2021 | 18:25 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Proses pra pendaftaran online bagi calon peserta didik baru di Kota Semarang bagi SD telah selesai, sementara untuk tingkat SMP telah berlangsung sejak 20 Juni hingga 25 Juni 2021. Mereka yang tidak melakukan proses pra pendaftaran maka dinyatakan tidak bisa diterima untuk bersekolah.

Walaupun begitu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang masih memungkinkan untuk membuka sistem pendaftaran secara offline. Dengan catatan, jumlah kuota peserta didik di sekolah masih ada kekurangan.

Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, mengatakan, ada beberapa permasalahan yang sempat muncul saat pra pendaftaran tingkat SD, namun telah dilaksanakan sejumlah pembetulan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Minta Bupati Wali Kota Tak Ragu Terapkan Lockdown Mikro

Misalnya saja, ada orangtua calon peserta didik yang mengaku lupa mendaftar pada saat pra pendaftaran. Padahal jadwal kegiatan telah disosialisasikan jauh-jauh hari sebelumnya.

''Ini kan telah diatur sistem, jadi kalau beralasan lupa maka yang bersangkutan tetap tidak bisa terdaftar. Hanya saja, calon peserta didik tersebut masih dimungkinkan mendaftar secara offline. Jika seandainya ada sekolah yang masih mengalami kekurangan jumlah peserta didiknya. Bila tidak, maka calon peserta didik tersebut masih bisa mendaftar di sekolah swasta,'' kata dia, Senin (21/6).

Gunawan Saptogiri menambahkan, kemungkinan adanya jumlah kuota yang belum terpenuhi terjadi, karena jumlah pendaftar yang ada ternyata lebih sedikit dibandingkan daya tampung SD negeri di Kota Semarang pada tahun ini.

Baca Juga: Situasi Covid-19 Makin Parah, Vaksinasi Dipercepat 100 Ribu per Hari, Jokowi: Ini Memang Target Ambisius

Prosentase jumlah tersebut yaitu kuota peserta didik di seluruh SD negeri di Kota Semarang mencapai kisaran 14.000 orang, sedangkan pendaftarnya tercatat ada sekitar 12.000 orang.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BST Cair, Mekanisme Penyaluran Bansos Digodog

Rabu, 21 Juli 2021 | 18:41 WIB
X