PPDB SMA dan SMP, Meski Daring Tetap Masih Bisa Dibantu Sekolah

- Senin, 21 Juni 2021 | 17:25 WIB
PPDB. (suaramerdeka.com / dok)
PPDB. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tahapan seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) berlangsung secara serentak untuk jenjang SMA/ SMK di tingkat Jateng serta jenjang SMP di tingkat Kota Semarang, Senin (21/6).

Bedanya apabila jenjang SMA sudah langsung bisa mendaftar secara daring, sedang untuk SMP di tingkat Kota Semarang diawali dengan memakai sistem prapendaftaran.

Mekanisme semacam ini khusus diterapkan untuk jenjang TK, SD dan SMP Negeri di Kota Lumpia yang bermanfaat untuk memberikan waktu koreksi bagi peserta, sekolah maupun dinas pendidikan apabila sampai muncul kesalahan data yang akan dipakai untuk syarat mendaftar sekolah.

"Namun secara keseluruhan pendaftaran berjalan lancar. Bahkan terdapat beberapa peserta didik yang dibantu sekolah terdekat untuk registrasi daring. Kondisi ini dimungkinkan karena muncul gangguan koneksi internet di gawai milik peserta, mungkin lantaran keterbatasan paket data internet mereka dan sebagainya,"tutur Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Dr Hari Wuljanto kepada Suara Merdeka, kemarin.

Disebutkan meski sifatnya daring, namun sekolah tetap diberi kewenangan membantu calon peserta didik yang mengalami kesulitan. Entah, kata dia, karena persoalan penguasaan teknologi informasi maupun lainnya. Namun pastinya pemerintah maupun sekolah berprinsip akan memberikan layanan dan kemudahan dalam mendaftar PPDB.

Baca Juga: Pemkab Temanggung Dorong Lahirnya Pelaku Kopi Kalangan Milenial, Jangan Cuma Penikmat Saja

" Ada juga yang datang ke sekolah bukan karena permasalahan teknis. Tetapi lebih karena bimbang untuk menentukan jurusan yang akan diambil. Hal semacam ini kendati terkesan sepele tetap mendapat perhatian dari kami,'' tegas Hari kemarin.

Tahap pendaftaran untuk SMA dan SMK masih akan dibuka hingga 24 Juni. Tahapan pendaftaran difasilitasi melalui akses situs resmi ppdb.jatengprov.go.id.

Pendaftaran jenjang SMA dibuka melalui empat jalur, mencakup diterapkannya sistem zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan prestasi. Adapun untuk jenjang SMK dibuka melalui tiga jalur, yaitu afirmasi, prestasi, dan domisili terdekat.

"Untuk zonasi modelnya juga masih memakai sistem koordinat terdekat rumah pendaftar dengan sekolah,''imbuh Hari. Setelah pendaftaran maka tahap berikutnya yakni evaluasi, pemeringkatan, dan penyaluran mulai 25 - 26 Juni. Lalu untuk pengumuman hasil seleksi yakni 26 Juni.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan Sepanjang Hari

Selasa, 21 September 2021 | 06:00 WIB

Bupati Ajukan Perubahan APBD 2021, PAD Naik Rp 5 M

Senin, 20 September 2021 | 18:20 WIB

Keliru Menginjak Pedal, Mobil Terjun Bebas Masuk Kanal

Senin, 20 September 2021 | 15:46 WIB

Polres Demak Vaksin 1.000 Santri Futuhiyyah

Minggu, 19 September 2021 | 22:14 WIB

Semarang Panas, Hendi Galakkan Penghijauan

Minggu, 19 September 2021 | 20:08 WIB

Pemkab Kendal Siap Memberikan Hibah Pada Dekopinda

Minggu, 19 September 2021 | 19:04 WIB
X