Atasi Permasalahan Pertanian, Komunikasi Daring Bisa Jadi Alternatif

- Minggu, 20 Juni 2021 | 11:34 WIB
Petani bersama warga Desa/Dusun Duren, Bandungan, Kabupaten Semarang melakukan patroli hutan di atas lahan pertanian untuk mengusir kera liar, belum lama ini. SM/Dok
Petani bersama warga Desa/Dusun Duren, Bandungan, Kabupaten Semarang melakukan patroli hutan di atas lahan pertanian untuk mengusir kera liar, belum lama ini. SM/Dok

UNGARAN, suaramerdeka.com - Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang diminta untuk mengembangkan komunikasi daring melibatkan petani. Hal itu disampaikan Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, Minggu (20/6).

Menurutnya, para petani butuh komunikasi maupun koordinasi dengan instansi terkait untuk mengatasi permasalahan seputar pertanian.

“Beberapa waktu lalu di sejumlah kecamatan lahan pertanian padi, jagung, ketela bahkan di Kecamatan Getasan cabai diserang hama tikus. Perlu inovasi bagaimana kita meningkatkan hasil produksi pertanian, karena masih pandemi Covid-19 ya pilihannya sementara adalah komunikasi daring,” kata Ngesti Nugraha.

Baca Juga: Izinkan Warga Gelar Kegiatan, Bupati Banjarnegara: Saya yang Bertanggungjawab Sepenuhnya

Dengan alternatif komunikasi tadi, ia yakin secara bertahap kesejahteraan petani akan meningkat.

Kalaupun ada permasalahan atau kendala mendapatkan pupuk subsidi, Ngesti Nugraha memperingatkan, jika memang ada pengecer yang nakal bisa dilaporkan ke dirinya.

“Sampaikan saja ke kita, bakal kita cabut izinnya. Tidak perlu takut, jelas akan kita cabut izinnya,” tegas dia.

Baca Juga: Bupati Klaten Perpanjang PPKM, Semua Objek Wisata Ditutup

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang, Wigati Sunu menambahkan, belum ini pihaknya telah memberikan bantuan motor roda tiga untuk 19 kelompok tani yang tersebar di 13 kecamatan.

Selain bantuan kendaraan transportasi, pihaknya juga memberikan bantuan benih padi yang pengadaannya didanai APBN.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Ketentuan Pembelajaran TA 2021/2022 Belum Menukik

Minggu, 27 Juni 2021 | 16:11 WIB
X