Lurah Hebat: Tinjomoyo Kembangkan Potensi Pertanian dan Bank Sampah

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 04:50 WIB
Lurah Tinjomoyo, Soegiharto (tengah) saat mendampingi UMKM mengikuti bazar di Kelenteng Sampokong mewakili Kecamatan Banyumanik. (suaramerdeka.com / dok Tinjomoyo)
Lurah Tinjomoyo, Soegiharto (tengah) saat mendampingi UMKM mengikuti bazar di Kelenteng Sampokong mewakili Kecamatan Banyumanik. (suaramerdeka.com / dok Tinjomoyo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Setiap Kelurahan memiliki potensi dan inovasi dalam upaya mengembangkan suatu wilayahnya.

Seperti di Kelurahan Tinjomoyo Semarang, warga sekitar benar-benar mengoptimalkan kemampuannya untuk mengembangkan potensi pertanian dan bank sampah.

Lurah Tinjomoyo Semarang, Sugiharto menerangkan, potensi unggulan yang masih dikembangkan antara lain Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani (KT).

Baca Juga: Kata Asmara Zodiak Hari Ini 19 Agustus 2022: Capricorn Lalai, Aquarius Abai Cinta, Pisces Pergi?

Adapun untuk langkah pengembangan Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani kelurahan bekerjasama dengan TP PKK Kelurahan dan Dinas Pertanian.

Tujuannya agar bisa mendampingi pembibitan, menanam dan pemberian pupuk (perawatan) baik berupa tanaman sayuran maupun budi daya lele agar hasil panennya seperti yang diharapkan.

"Kelurahan bekerja sama dengan TP PKK Kelurahan dan Dinas Ketahanan Pangan dalam hal mengolahan hasil panen KWT dan KT," ujarnya.

Baca Juga: Meski Menang, Permainan PSIS Semarang Masih Bikin Deg-degan

Kelurahan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup memberikan sosialisasi ke warga bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga yang baik.

Sosialisasi yang dilakukan tidak hanya untuk warga akan tetapi juga diberikan kepada anak-anak sekolah, seperti yang sudah dilakukan di SDN Tinjomoyo 2.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkisah Karut Marut Kopi Indonesia di Kota Semarang

Rabu, 28 September 2022 | 05:20 WIB

Pegiat Kampung Seni di Semarang Terus Bergerak

Selasa, 27 September 2022 | 08:51 WIB

Stan Tahu Walik Kuliner Kauman Selalu Ramai Pengunjung

Minggu, 25 September 2022 | 15:44 WIB
X