Lurah Hebat: Kelurahan Bangetayu Wetan Kembangkan Produk Unggulan Rempah

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:51 WIB
Minuman rempah dan jamu produksi UMKM di Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, dijual dalam bazar belum lama ini (SM/dok)
Minuman rempah dan jamu produksi UMKM di Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, dijual dalam bazar belum lama ini (SM/dok)

SEMARANG, Suaramerdeka.com - Warga di Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk banyak membudidayakan tanaman rempah. Seperti jahe, kencur, temulawak, kunir lemon dan masih banyak lagi.

Tanaman ini menjadi bahan baku minuman rempah dan jamu yang menjadi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Bangetayu Wetan tersebut.

Lurah Bangetayu Wetan, Karsidin, mengatakan, warga di Kelurahan Bangetayu Wetan banyak yang budidaya tanaman rempah-rempah.

Baca Juga: Tak Mahal, Ini 10 Bunga dan Tanaman Hias Pendatang Rezeki Membuka Aura Kekayaan dan Ketenangan di Rumah

Maka dari itu hal itu menjadi produk unggulan Kelurahan Bangetayu Wetan untuk mengemas rempah-rempah menjadi minuman atau kamu kesehatan.

"Warga mengemas rempah-rempah tersebut di dalam botol. Sebelumnya rempah-rempah tersebut sudah diolah terlebih dahulu menjadi jamu. Kemudian setelah jadi jamu dikemas di dalam botol," ujarnya.

Wedang rempah ini 100 persen menggunakan bahan alami. Rempah-rempah dipakai berkualitas baik, sehingga hasilnya menjadi maksimal.

Baca Juga: Prediksi Ramalan Bintang Sisi Rezeki, Kesehatan dan Cinta Pemilik 6 Zodiak untuk Hari Sabtu 13 Agustus 2022

Ide membuat minuman rempah dan jamu karena keprihatinan terhadap minuman tradisional yang mulai ditinggalkan anak muda.

Inovasi rasa terus dilakukan. Hingga akhirnya bisa menemukan resep wedang herbal.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X