Lurah Hebat: Kelurahan Kalisegoro Gerakan Lingkungan Bersih dan Sehat

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:22 WIB
Kelompaok wanita tani Rumah Anggrek Griya Mekarsari menunjukkan bibit anggrek yang dibudidayakan di lingkungan rumah, di RT 01 RW 04, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)
Kelompaok wanita tani Rumah Anggrek Griya Mekarsari menunjukkan bibit anggrek yang dibudidayakan di lingkungan rumah, di RT 01 RW 04, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kelurahan Kalisegoro merupakan bagian dari Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Secara geografis kelurahan ini memiliki luas wilayah sekitar 281,884 Ha yang diperuntukkan sebagai lahan sawah sekitar 83.63 Ha, pekarangan dan bangunan 193.254 Ha, serta 5 Ha untuk fasilitas umum.

Lurah Kalisegoro Retno Widodo mengatakan, dengan luasan tersebut Kalisegoro terbagi menjadi 4 RW dan 24 RT.

Sedangkan jumalah penduduk sebenyak 3.925 jiwa, dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 1.971 jiwa dan 1.954 jiwa perempuan.

Baca Juga: Bongkar Rahasia Yartsa Gunbu, Jamur Termahal di Dunia yang Bisa Mendatangkan Rezeki dan Kekayaan

“Rata-rata penduduk Kalisegoro bekerja di sektor swasta, yaitu sebanyak 946 orang. Disusul wiraswasta sebanyak 334 orang dan buruh sebanyak 163 orang. Sedangkan sebagian yang lain beragam,” katanya.

Dari potensi yang ada, menurut Retno, masyarakat Kalisegoro melakukan gerakan lingkungan bersih dan sehat.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, dibentuk kelompok swadaya masyarakat, diantaranya budidaya anggek dan pengelolaan sampah menjadi pupuk.

“Kelurahan Kalisegoro didukung dengan iklim sejuk dan tanah subur, sehingga sangat baik untuk pertanian dan perkebunan."

"Maka sangat cocok masyarakat memanfaatkan potensi tersebut untuk mengembangkan budi daya anggrek,” katanya.

Baca Juga: Terungkap, Ini 7 Ciri-ciri Perkutut Pembawa Rezeki dan Keberuntungan, Jika Ketemu Segera Tangkap dan Pelihara

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakso Viral Seafood Korea Ada di Kuliner Kauman

Jumat, 25 November 2022 | 20:04 WIB
X