Cegah Korupsi di Lingkungan Kerja, PT KIW Gandeng KPK

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:01 WIB
Dirut PT KIW, Ahmad Fauzie Nur  dan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, saat sosialisasi dan  menjaga komitmen anti korupsi yang diselenggarakan PT KIW. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Dirut PT KIW, Ahmad Fauzie Nur dan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, saat sosialisasi dan menjaga komitmen anti korupsi yang diselenggarakan PT KIW. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pelaku usaha menjadi salah satu pelaku penyuapan terhadap penyelenggara negara baik eksekutif, yudikatif maupun legislatif.

Jumlah mereka terbanyak yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat menjadi narasumber sosialisasi pencegahan korupsi yang di PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), Senin, 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Selamat bagi 4 Zodiak Ini, Bakal Dikunjungi Rezeki Berupa Cuan yang Bikin Gendut Saldo Tabungan

''Kondisi ini terjadi karena pebisnis ingin mendapatkan proyek maupun kemudahan perizinan dari penyelenggara negara. Agar mudah dan cepat prosesnya, mereka biasanya memberi suap dan gratifikasi kepada penyelenggara negara,'' papar Alexander Marwata.

Alexander Marwata atau lebih akrab dipanggil Alex menambahkan, terjadinya penyuapan lantaran lemahnya komitmen penyelanggara negara.

''Banyak kepala daerah yang datang ke kami minta pendampingan agar daerahnya bisa bebas KKN, tapi itu hanya basa basi mereka, karena tak lama, mereka tersandung kasus korupsi. Ini karena komitmen mereka yang lemah dalam mewujudkan penegakan pemberantasan korupsi,''tambah Alex.

Baca Juga: Berbahagialah 6 Zodiak Ini, Dikunjungi Keberuntungan dan Rezeki Bikin Saldo Tabungan Melimpah

Sedangkan Dirut PT KIW, Ahmad Fauzie Nur mengatakan sosialisasi anti korupsi di lingkungan kerja bebas KKN ini sebagai upaya korporasi untuk merefresh KIW yang pernah melakukan sosialisasi anti korupsi.

''Ini upaya kita merefresh bahwa kita pernah melakukan sosialisasi anti korupsi dan gratifikasi. Waktu itu juga diikuti ratusan peserta dilingkungan PT KIW. Selain memberikan energi baru anti korupsi, kami juga ingin semangat anti korupsi itu tetap terjaga, tetap komitmen. Apalagi saat ini kita tengah memasuki transformasi jilid dua yang membutuhkan pilar-pilar bisnis yang kuat,'' tegas Fauzie.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stan Tahu Walik Kuliner Kauman Selalu Ramai Pengunjung

Minggu, 25 September 2022 | 15:44 WIB

Pemenang Semargres Terima Hadiah Mobil

Jumat, 23 September 2022 | 20:47 WIB

Semakin Seru Kuliner Kauman Tambah Wahana Bermain Anak

Jumat, 23 September 2022 | 15:48 WIB
X