Hasil Pencapaian MCP, KPK: Semarang Peringkat Kedua Jawa Tengah

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 06:30 WIB
Wali Kota Semarang bersama Direktur 3 Korsup KPK Brigjen Pol Bahtiar U Permana Dalam acara Rakor Monev dan Program Pemberantasan Korupsi di Balai Kota Semarang, Jumat (18/6).
Wali Kota Semarang bersama Direktur 3 Korsup KPK Brigjen Pol Bahtiar U Permana Dalam acara Rakor Monev dan Program Pemberantasan Korupsi di Balai Kota Semarang, Jumat (18/6).

SEMARANG, suaramerdeka.com - KPK menyebutkan bahwa Kota Semarang berada di peringkat 13 nasional dan peringkat 2 Jawa Tengah terkait hasil pencapaian Monitoring Center of Preventio (MCP).

Saat ini, setiap Pemerintah daerah diminta menyampaikan laporannya tanpa harus menunggu tim KPK datang untuk monitoring.

Progres rencana aksi Korsupgah telah mencapai Indeks 91,39 yakni peringkat 2 se-Jawa Tengah. Rincian, progres area perencanaan dan penganggaran APBD yaitu 98,7 persen.

Baca Juga: Metallica Tidak Sabar Menyapa Penggemarnya di Eropa

Area pengadaan barang dan jasa 91,9 persen. Area pelayanan terpadu satu pintu  93,5 persen. Area kapabilitas APIP 95,2 persen, Area manajemen ASN 96,4 persen. Area optimalisasi pendapatan daerah 78,8 persen dan Area manajemen daerah  80,8 persen.

Direktur 3 Korsup KPK, Brigjen Pol, Bahtiar U Purnama pun memberikan apresiasi terkait keseriusan Pemerintah Kota Semarang dan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi.  Apalagi, nilai MCP yang diperoleh Kota Semarang sangat baik dan tinggi.

"Saya percaya ini bukan hanya peran Wali Kota saja. Melainkan juga hasil kerja keras dari bapak ibu OPD yang mengemban amanah dengan baik dari mulai perencanaan, peningkatan pendapatan daerah, dan lain-lain," tuturnya dalam kegiatan Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi, di Balai Kota Semarang, Jumat (18/6).

Aplikasi MCP juga dapat memudahkan pemerintah daerah melaksanakan “self assesment”. Selain itu, Humas Pemda dan Media Lokal dapat memanfaatkan MCP pada aplikasi Jaga.id untuk mengecek perkembangan komitmen Pemda dalam Tata Pemerintahan yang Baik.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB
X