Lurah Hebat: Kelurahan Tlogosari Wetan Kembangkan Kampung Tematik UMKM Bonggol Pisang

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 06:45 WIB
Lurah Tlogosari Wetan, R Kamto Warsono. (suaramerdeka.com / dok Kelurahan )
Lurah Tlogosari Wetan, R Kamto Warsono. (suaramerdeka.com / dok Kelurahan )

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam upaya mengembangkan potensi di suatu wilayah, Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Semarang mengembangkan potensi Kampung Tematik usaha mikro kecil menengah (UMKM) bonggol pisang.

Lurah Tlogosari Wetan, R Kamto Warsono menerangkan, secara geografis Kelurahan Tlogosari Wetan merupakan dataran rendah, dengan ketinggian antara 0-3 meter dari permukaan air laut dengan curah hujan rata-rata 600mm per tahun.

Sebagian besar wilayah Tlogosari Wetan terdiri dari tanah kosong dan sebagian untuk pemukiman penduduk.

Baca Juga: Intip Asmara Zodiak Hari Ini 3 Agustus 2022: Tuntutan Scorpio, Libra Romantis, Sagitarius Awas Orang Ketiga!

Selain itu letak wilayah Kelurahan Tlogosari Wetan di pinggiran kota yang berbatasan dengan wilayah Kelurahan Bangetayu Kulon Kecamatan Genuk.

Tingkat kemajuan daerahnya sangat ketinggalan apa bila dibandingkan dengan kelurahan lain yang ada diwilayah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Ini disebabkan karena masih rendahnya tingkat Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga: Baca Asmara Zodiak Hari Ini 3 Agustus 2022: Perselingkuhan Hantui Virgo, Asmara Menarik Cancer, Hubungan Leo?

"Maka dari itu kami membentuk Kampung Banggol Pisang” diambil dari kelompok warga masyarakat yang mayoritas mempunyai usaha kuliner kripik bonggol pisang dan mata pencahariannya sebagaian besar adalah pembuatan makanan, jajanan, souvenir yang terletak di Rt.05 Rw.04 yang terediri dari 60 Kepala Keluarga," ujarnya, kemarin.

Menurutnya, kandungan gizi bonggol pisang terdiri dari energi sebesar 43 kilokalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 11,6 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 60 miligram dan zat besi 1 miligram.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X