Seluruh BUMN / BUMD dan Perusahaan Swasta Demak Diajak Dukung Percepat ODF

- Selasa, 26 Juli 2022 | 11:24 WIB
Bupati dr Hj Eisti'anah menyampaikan sambutan dalam Rakor Percepatan Open Defecation Free (ODF) Pra Verifikasi Kabupaten Demak. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati dr Hj Eisti'anah menyampaikan sambutan dalam Rakor Percepatan Open Defecation Free (ODF) Pra Verifikasi Kabupaten Demak. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Kabupaten Demak termasuk salah satu dari 10 daerah di Jawa Tengah yang belum Open Defecation Free (ODF) atau masih terdapat warga yang buang air besar sembarangan.

Untuk menuju Kabupaten Demak zero ODF, Pemkab Demak terus melakukan upaya di antaranya dengan memberikan bantuan jamban, pembangunan jamban sehat dan mengedukasi warga.

Namun demikian, jumlah yang belum ODF di Kabupaten Demak mencapai ribuan keluarga.

Sehubungan itu, Bupati Demak dr Hj Eisti'anah mengajak seluruh BUMN, BUMD dan perusahaan swasta yang ada di daerahnya untuk turut serta dalam program tersebut.

Baca Juga: Dinsos DKI Jakarta Tegas! Pria Berpenampilan ‘Kemayu’ di Citayam Fashion Week Bakal Ditindak

"Di Kabupaten Demak masih ada sekitar 10.406 keluarga yang belum mempunyai akses jamban sehat. Mereka tersebar di 49 desa yang berada di empat kecamatan yaitu Sayung, Bonang, Wedung dan Mijen," kata Bupati Demak.

Hal itu diungkapkan Bupati Demak dalam Rakor Percepatan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan Pra Verifikasi Kabupaten Demak, di Gedung Bina Praja.

Bupati Demak menuturkan, untuk mewujudkan kabupaten yang sehat harus ditunjang faktor lingkungan yang sehat.

Upaya ini dapat dilakukan salah satunya melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang salah satu di antaranya adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Baca Juga: Intip Prediksi Karir dan Keuangan Libra, Pisces, Sagitarius, Scorpio, Taurus, Virgo, Rabu 27 Juli 2022

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi C DPRD Demak Fokus Penataan Kawasan Kumuh

Sabtu, 24 Desember 2022 | 04:27 WIB

Bapemperda DPRD Demak Hasilkan 10 Perda

Selasa, 20 Desember 2022 | 21:52 WIB
X