Sandiaga Dukung Salatiga Kota Gastronomi Dunia

- Jumat, 18 Juni 2021 | 19:22 WIB
Para pembicara Salatiga Internasional Virtual Conference Gastronomy History membahas dijadikannya Salatiga sebagai Kota Gastronomy Dunia. (sm/dok)
Para pembicara Salatiga Internasional Virtual Conference Gastronomy History membahas dijadikannya Salatiga sebagai Kota Gastronomy Dunia. (sm/dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sangat mendukung dijadikannya Salatiga sebagai Kota Gastronomi Dunia. Sebab hal itu didukung dengan berbagai kekayaan dan kreativitas kuliner yang menjadi ciri khas Kota Salatiga.

Sebagai Kota Gastronomi Dunia maka ke depan Kota Salatiga bakal bisa menjadi tujuan wisata dunia. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat digelar Salatiga Internasional Virtual Conference Gastronomy History, Jumat (18/6) siang.

''Kemenparkeraf sangat mendukung Salatiga sebagai Kota Gastronomi Dunia,'' kata Sandiaga.

Baca Juga: Pensiun MotoGP, Valentino Rossi: Hanya Imajinasi Jurnalis Terlalu Tinggi

Konferensi internasional itu dipusatkan di Benteng Hock Komplek Satlantas Salatiga. Konferensi juga menghadirkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Prof Dr Arief Rochman (Executive Chairman of The Indonesian National Commision Unesco), Vita Datau (Founder Indonesia Gastronomy Network), Dr Tracy Berno, Dr Jutamas Wisansing (Thailand), Triyanto Triwikromo (budayawan, jurnalis, sastrawan).

Menurut Sandiaga, Kemenparkeraf memberi dukungan dengan mengajak semua pihak melakukan inovasi dan kolaborasi agar makanan lokal yang diunggulan di Kota Salatiga, bisa diangkat mendunia. Untuk itu perlu kualitas pembuatan, layanan, kebersihan dan kesehatan penyajiannya. Lalu didukung dengan suasana Kota Salatiga sebagai City of Harmony, dan cerita di balik makanan tersebut.

Baca Juga: Hendi Komitmen Cegah dan Berantas Korupsi

Untuk itu Sandiaga berharap perlunya pengembangan strategi, kolaborasi, dan adaptasi untuk memajukan kuliner atau makanan di Kota Salatiga. Dijelaskannya, secara tidak langsung apa yang dilakukan itu telah memajukan ekonomi kreatif di Kota Salatiga.

Sementara itu Wali Kota Salatiga, Yuliyanto menjelaskan di Kota Salatiga terdapat ribuan UMKM kuliner, dengan berbagai jenis produknya.

Keragaman kuliner itu sudah sepantasnya menjadikan Kota Salatiga sebagai Kota Gastronomu Dunia. Dijelaskannya banyak pula makanan-makanan khas Kota Salatiga yang telah populer, seperti tumpang koyor, wedang ronde, enting-enting gepuk, getuk atau makanan berbahan telo/singkong, dan produk makanan lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Bangkitkan Ekonomi, Warga Mrican Rintis Kuliner Budaya

Selasa, 21 September 2021 | 23:10 WIB

Program Stimulus, PLN Beri Keringanan Pembayaran Listrik

Minggu, 19 September 2021 | 09:38 WIB

Kodim Salatiga Bagikan 1.000 Paket Beras ke Kru Angkutan

Jumat, 17 September 2021 | 20:02 WIB

Giatkan Lumbung Pangan Bantu Warga Isoman

Minggu, 12 September 2021 | 20:49 WIB

Rutan Salatiga Menuju Zona Integritas WBK

Selasa, 7 September 2021 | 15:31 WIB

Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil Perlu Dipercepat

Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:24 WIB
X