Lurah Hebat: Kelurahan Mangunsari Angkat Perekonomian Warga

- Minggu, 17 Juli 2022 | 20:40 WIB
Lurah Mangunsari Nining Harianingsih SH bersama anggota Gerai Kopi Mi, menunjukkan produk olahan kuliner saat bazar UMKM di kelurahan setempat, baru-baru ini. (SM/dok)
Lurah Mangunsari Nining Harianingsih SH bersama anggota Gerai Kopi Mi, menunjukkan produk olahan kuliner saat bazar UMKM di kelurahan setempat, baru-baru ini. (SM/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kesejahteraan warga menjadi perhatian Lurah Mangunsari Kecamatan Gunungpati Nining Harianingsih SH. Karena itu, melalui Gerakan Terintegrasi Masyarakat Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai KOPI MI), ia ingin mengangkat Perekonomian warga.

“Dengan slogan mantap, aktif, jujur dalam perkataan, dan unggul, kita ingin Mangunsari Maju,” kata dia, di kantornya, baru-baru ini.

Bersama Gerai kopi Mi, ia ingin membangkitkan kembali pelaku usaha mikro kecil dan menengah. “Melalui kegiatan UMKM, akan memberikan penghasilan warga, sehingga taraf hidup keluarga dapat meningkat," kata dia.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Bonsai Harganya Mahal, Salah Satunya Bisa Memperpanjang Usia Hidup Penghuni Rumah Pemiliknya

Menurut dia, Gerai Kopi Mi, memberikan kegiatan positif, terutama bagi ibu rumah tangga. Warga juga akan memiliki keterampilan yang bermanfaat bagi kehidupan.

“Setiap pelaku UMKM membuat sebuah produk yang dikerjakan di wilayah 26 RT dan lima RW yang ada. Kemudian produk yang dihasilkan, dipasarkan melalui bazar di kelurahan atau tempat lain,” terang dia.

Selain itu, lanjut dia, produk UMKM juga dipasarkan melalui media online atau dijual secara langsung ke konsumen.

Baca Juga: Catat ya Ini Hewan Peliharaan Lucu Pembawa Rezeki dan Hoki Bagi Majikan, Nomor 5 Hidup di Air

“Banyak produk yang sudah kita hasilkan, mulai dari kuliner hingga kerajinan. Di antaranya produk makanan yatu aneka keripik, kue, telur asin, tape singkong, buntil, siomay, batagor, pempek, jamu, dan jenang.

Sedangkan untuk produk kerajinan, terdapat usaha yang menghasilkan olahan limbah plastik, dan aneka bunga. Selain itu, dikembangkan wisata petik buah jeruk.

“Kita selalu mengajak pelaku UMKM untuk mengikuti bazar. Kemudian mengadakan pelatihan, guna meningkatkan keterampilan mereka. Dan membantu memromosikan produk pada setiap kesempatan,” katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Michael Dijagokan Pimpin Hippindo Jateng

Rabu, 8 Februari 2023 | 18:26 WIB

Camat Gajahmungkur Siap Fasilitasi Kegiatan Badko LPQ

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:28 WIB
X