Baznas Diminta Bantu Pengentasan Kemiskinan di Daerah

- Minggu, 3 Juli 2022 | 19:13 WIB
Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji didampingi Bupati Semarang Ngesti Nugraha memberi selamat kepada para pengurus Baznas Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua Baznas Jateng KH Ahmad Darodji didampingi Bupati Semarang Ngesti Nugraha memberi selamat kepada para pengurus Baznas Kabupaten Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Ketua Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Jateng KH Ahmad Darodji mengingatkan pengurus baru Baznas Kabupaten Semarang untuk terus mendukung upaya pengentasan kemiskinan di daerah.

Dia mengibaratkan Baznas sebagai tangan kiri kepala daerah untuk membantu pembiayaan pembangunan daerah terutama berkaitan dengan kesejahteraan sosial.

"Semua disposisi dari Bupati untuk memanfaatkan dana zakat infak dan sedekah (ZIS) yang dikelola Baznas harus dilaksanakan asalkan sesuai ketentuan," tegasnya usai pelantikan pengurus Baznas Kabupaten Semarang di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Jumat, 1 Juli 2022.

Baca Juga: Ga Perlu Daftar untuk Dapat Set Top Box STB TV Digital Gratis, Cukup Siapkan Dokumen Ini

Darodji juga mengingatkan para pengurus harus memperhatikan bimbingan dan arahan Bupati sebagai pemberi mandat mengelola dan ZIS. Sehingga dapat melaksanakan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan cepat, tepat dan lugas.

Bahkan jika terjadi kondisi kegentingan, Baznas harus mampu mencairkan dana penanganan dengan cepat.

"Ibaratnya Baznas menjadi tangan kiri Bupati di samping APBD yang menjadi tangan kanannya untuk menciptakan kesejahteraan bersama," katanya.

Dicontohkan, Baznas Jateng telah melatih tujuh ribu orang untuk mengembangkan wirausaha. Selain itu juga ada lima ribu penerima bantuan modal yang terus didampingi agar berkembang.

Baca Juga: 46 WNI Dipulangkan Imigrasi Arab Saudi, Berangkat Haji gunakan Visa Malaysia dan Singapura

Pola pengembangan usaha produktif seperti itu, lanjut Darodji, dapat dijadikan contoh pemberdayaan para penerima zakat atau mustahik.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berebut Menangkap Ikan di Sendang dalam Tradisi Iriban

Minggu, 4 Desember 2022 | 22:46 WIB

Korban Gempa Cianjur Dibantu Senilai Rp 500 Juta

Jumat, 25 November 2022 | 19:27 WIB

Ribuan Guru Senam Bersama Meriahkan HUT Ke-77 PGRI

Senin, 21 November 2022 | 21:02 WIB
X