Posyandu Kota Semarang Mulai Terapkan Aplikasi Si Gembul Karya Dosen FKes Udinus

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:36 WIB
Tim FKes Udinus penggagas Aplikasi Si Gembul. (suaramerdeka.com / dok Udinus)
Tim FKes Udinus penggagas Aplikasi Si Gembul. (suaramerdeka.com / dok Udinus)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Aplikasi Si Gembul karya dosen Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang jadi solusi menurunkan angka Stunting di Indonesia.

Aplikasi Si Gembul tersebut kini telah diterapkan di Pos Pelayanan terpadu (Posyandu) di Kota Semarang.

Penerapan Aplikasi Si Gembul dilakukan salah satunya diajarkan kepada 30 kader di Posyandu wilayah Rejosari dan kader Posyandu Mekarsari.

Baca Juga: Intip Weton Hari Ini 30 Juni 2022, Apa Kata Primbon Jawa soal Keistimewaan Kamis Pahing?

Aplikasi Si Gembul sendiri telah di launching yang bertepatan pada hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei lalu.

Aplikasi Si Gembul diciptakan oleh tiga dosen FKes Udinus yakni Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz., M.Gizi., sebagai ketua tim dan 2 anggota lainnya, Eti Rimawati., SKM., M.Kes., dan Agung Wardoyo, S.Kom., M.Kom.

Selain itu, untuk mendukung penelitian terhadap pengembangan aplikasi Si-Gembul, mereka juga melibatkan Ririn Nurmandani, SKM, M.Kes,dan Muhammad Iqbal, SKM, M.KM yang merupakan dosen di FKes Udinus.

Baca Juga: Gabung Los Angeles FC, Gareth Bale Tak Sabar untuk Berkompetisi di MLS

Dalam wawancaranya, Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz., M.Gizi., menjelaskan bahwa Penelitian terhadap aplikasi itu juga masuk dalam Program Riset Keilmuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Adapun nomor Kontrak 149/E4.1/AK.04.RA/2021. Sementara, penelitian tersebut berjudul ‘Si-Gembul: Aplikasi Berbasis Android Sebagai Upaya Cegah Stunting Masa Pandemi (Dan Nanti)’.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kesenian Tradisional Harus Tetap Eksis

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:23 WIB
X