Lurah Hebat: Kelurahan Karangroto Kembangkan Pemancingan Modern Berkonsep Wisata

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:02 WIB
Lurah Karangroto Semarang mengecek lokasi kolam bersama Dinas Perikanan. (suaramerdeka.com/dok)
Lurah Karangroto Semarang mengecek lokasi kolam bersama Dinas Perikanan. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lurah Karangroto Semarang, Waluyo Budi Utomo berupaya mengembangkan pemancingan modern berkonsep wisata.

Kondisi Kelurahan Karangroto yang mempunyai lahan ex-bengkok yang terbengkalai dan tidak terurus, yang terletak di wilayah perbatasan antara RW 7 dan RW 13 Kelurahan Karangroto, dengan sumber air yang melimpah setiap waktu karena tidak pernah mengering meski musim kemarau.

Selain itu di lokasi tersebut selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk membuat kolam-kolam ikan dengan kondisi seadanya.

Baca Juga: Lurah Hebat: Kelurahan Tanjungmas Punya Banyak Potensi Pengembangan Wisata

Seiring dengan berjalannya waktu, maka Kelompok Budidaya Ikan Enggal Jaya yang terdaftar di Dinas Perikanan Kota Semarang dengan nomor registrasi 1.1.33.74.1020.1020 mendapatkan bimbingan dan bantuan dari Dinas Perikanan Kota Semarang dalam pengembangan bididaya ikan di tanah tersebut.

"Potensi yang ada akan dikembangkan, menjadi pemancingan modern dengan konsep wisata, hal-hal yang sudah dan akan dilakukan adalah dengan pengajuan menjadi kampung tematik perikanan dimana tanah ex bengkok tersebut akan dijadikan tempat wisata baru dengan konsep pemancingan," jelasnya.

Selain itu juga ada upaya dengan Dinas Perikanan Kota Semarang dengan memberikan bimbingan pelatihan budidaya perikanan dan pengembangan potensi usaha UMKM untuk warga setempat.

Baca Juga: Cek Ramalan Kartu Tarot, Rabu, 29 Juni 2022, Zodiak Pisces, Scorpio, Aquarius, Sagitarius, Capricorn dan Libra

"Kami juga sedang berusaha permohonan bantuan CSR dari perusahaan-perusahaan atau BUMN yang mau membantu pengembangan potensi ini," imbuhnya.

Menurutnya, dengan pengembangan potensi tersebut diharapkan akan adanya peningkatan pendapatan masyarakat sekitar utamanya dari UMKM warung dan parkir.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X