300 Orang Pelaku UMKM Jateng Mendapat Suntik Vaksin Covid 19

- Rabu, 16 Juni 2021 | 19:34 WIB
Pelaku UMKM menerima vaksinasi Covid-19 (suaramerdeka.com/dok)
Pelaku UMKM menerima vaksinasi Covid-19 (suaramerdeka.com/dok)


SEMARANG, suaramerdeka.com - SMC RS Telogorejo ditunjuk oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sebagai fasilitas kesehatan di Kota Semarang untuk melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Tengah.

Peserta UMKM tersebut telah ditentukan dan dikoordinasi oleh KADIN Jawa
Tengah, dengan salah satu persyaratannya telah terdaftar sebagai anggota KADIN.

Vaksinasi dilaksanakan di area SIM Square - SMC RS Telogorejo, Rabu (16/6) dengan target sasaran 300 orang. Program ini melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi sebagai penerima vaksin COVID-19 dan logistik yang dibutuhkan, untuk selanjutnya disalurkan ke layanan kesehatan yang terpilih.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Syarat Umum dan Alur Seleksi

Peserta UMKM yang telah mendapatkan undangan, dibagi menjadi dua sesi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir antrian panjang yang mengakibatkan kerumunan. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 Wib sampai dengan pukul 09.30 Wib. Dilanjutkan dengan sesi kedua hingga pukul 11.00 Wib.

Sebelumnya, proses vaksinasi diawali dengan skrining kesehatan seperti pengecekan tekanan darah hingga riwayat penyakit. Setelah dinyatakan layak untuk menerima vaksin maka selanjutnya peserta menuju ke meja verifikasi, kemudian dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin oleh tenaga kesehatan, dan diharuskan untuk menunggu selama 30 menit untuk pemantauan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Baca Juga: Tak Terima Disebut Mandul, Nora Alexandra Pamer Hasil USG di Instagram Story

Kegiatan vaksinasi tersebut dibuka dengan sambutan dari Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi, S.E, M.M, dr. Koesbintoro Singgih, M.M selaku Ketua Pengurus Yayasan Kesehatan Telogorejo, Bapak Hasan Abdul Rozak yang merupakan Wakil Ketua KADIN Jateng bidang UMKM, Bapak Arnaz Agung Andrarasmara selaku ketua KADIN Kota Semarang, serta sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang dr. Moch. Abdul Hakam, Sp.PD.

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia sedang gencar melaksanakan program vaksinasi COVID-19 secara bertahap kepada 181,5 juta penduduk. Target sasaran UMKM seluruh Indonesia sebanyak 70.000 orang yang dibagi menjadi 34 provinsi dan di Provinsi Jawa Tengah mendapat alokasi 800 dosis untuk vaksinasi pertama.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DLH Kota Semarang Tetapkan 15 Sekolah Adiwiyata 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:51 WIB

Praktik Perjudian di Tiga Lokasi di Jateng Dibongkar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 03:49 WIB

Hendi Dukung Desa Kekebalan Komunal AKABRI 1999

Rabu, 20 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X