Lurah Hebat: Kelurahan Pesantren Tanamkan Keguyuban Antarwarga

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:49 WIB
BERSAMA STAF: Lurah Pesantren Sunarto SE (tiga dari kiri), berfoto bersama staf Kelurahn Pesantren di depan kantor kelurahan setempat. (suaramerdeka.com/dok)
BERSAMA STAF: Lurah Pesantren Sunarto SE (tiga dari kiri), berfoto bersama staf Kelurahn Pesantren di depan kantor kelurahan setempat. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kelurahan Pesantren berada di Kecamatan Mijen. Wilayah ini sebagian besar berupa kawasan perumahan cluster. Maka tidak heran, jika penduduk di kelurahan ini kebanyakan adalah pendatang.

Oleh karena itu, Lurah Pesantren Sunarto SE, berharap keberadaan warga Pesantren yang berasal dari berbagai daerah itu, bisa hidup guyub dan rukun, bergerak bersama memajukan Kelurahan Pesantren.

“Memang pada mulanya Kelurahan Pesantren itu adalah perkampungan yang hanya terdiri atas dua RW (rukun warga-red) dan termasuk dalam IDT (inpres desa tertinggal-red). Namun dengan seiring waktu perkembangan zaman, sekarang berkembang menjadi delapan RW,” katanya.

Baca Juga: Undip Buka Seleksi Mandiri Program Vokasi 2022 Jalur KIP: Cek Syarat, Cara Pendaftaran dan Jadwal Ujian

Sunarto mengatakan, Kelurahan Pesantren memiliki luas wilayah 617,08 hektare dengan jumlah penduduk sekitar 2.579 jiwa. “Dari jumlah penduduk yang ada, hampir 90 persen adalah pendatang. Hanya di dua saja yang merupakan warga asli,” katanya.

Dari banyaknya pendatang baru yang menjadi penduduk Pesantren itu, lanjut dia, warga memiliki cara dan pola pikir berbed-beda. Seperti sikap individual yang masih terlihat jelas.

“Kami berupaya mengubah pola pikir mereka, supaya guyub rukun. Kita selalu tanamkan pada mereka semangat kebersamaan. Sehingga ke depan, bisa bersatu antara warga cluster dan RW yang lain untuk menentukan ciri pembangunan Pesantren,” terang dia.

Baca Juga: Kabar Duka, Aktris Senior Rima Melati Meninggal Dunia karena Dekubitus

Untuk mewujudkan itu, pihaknya rutin menyambangi warga. Selain itu, menggerakkan warga untuk mengadakan berbagai kegiatan, seperti kerja bakti bersama dan kegiatan lain yang dapat membuat warga berbaur.

Dari kondisi seperti itu, menurut dia, Kelurahan Pesantren memiliki dua sisi wilayah berbeda yaitu, satu sisi dengan area pedesaan yang masih asri dan sisi lain dengan area perumahan dan komersial yang berkembang pesat.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Diminta Pikirkan Hak Narapidana

Senin, 27 Juni 2022 | 22:17 WIB

Kampung Pancasila Memelihara Keguyuban Warga

Senin, 27 Juni 2022 | 20:52 WIB

Misi Edukasi dari Gerak dan Lagu Tuna Rungu

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:25 WIB
X