Diatur Lebih Meriah. Grebeg Besar Demak Tahun Ini Akan Cetak Rekor Muri

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:48 WIB
Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun bersama Pj Sekda Eko Pringgolaksito dan Plt Kadinas Pariwisata Endah Cahyarini saat rapat koordinasi Grebeg Besar di Bina Praja. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun bersama Pj Sekda Eko Pringgolaksito dan Plt Kadinas Pariwisata Endah Cahyarini saat rapat koordinasi Grebeg Besar di Bina Praja. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Grebeg Besar Demak tahun ini akan di-setting lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Grebeg Besar Demak yang jadi tradisi tahunan tersebut bakal memecahkan rekor dan tercatat dalam Musesum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan jumlah iringan bendi atau delman terbanyak.

"Sedikitnya akan ada 125 bendi termasuk kereta kencana yang mengiringi pasukan patang puluhan pembawa minyak jamas," kata Wakil Bupati Demak KH Ali Makhsun didampingi Kepala Dinas Komunikasi Infomatika, Endah Cahya Rini.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 Juni 2022: Reyna Jadi 'Senjata' Elsa Agar Tak Diceraikan Nino

Bendi sebanyak itu, terang Endah yang juga Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, bukan hanya dari lokal Demak tetapi juga didatangkan dari daerah tetangga yakni Grobogan, Kudus dan Kota Semarang.

Berada di barisan paling depan adalah kereta kencana yang dinaiki Lurah Tamtama pembawa minyak jamas, kemudian di belakangnya pasukan patang puluhan.

Disusul kereta kencana yang membawa Bupati Hj Eisti'anah beserta suami, selanjutnya kereta kencana Wakil Bupati KH Ali Makhsun bersama istri dan secara berturut-turut Plt Sekda, Forkopimda, pimpinan OPD, Ormas dan sejumlah kepala sekolah.

Baca Juga: Intip Jodoh Kamis Kliwon dari Pengamatan Primbon Jawa, 8 Weton Ini Katanya Cocok Lho!

Selain itu terdapat kelompok kesenian yang ikut dalam iringan meliputi tari zipin, barongan, kuda lumping, drumband, rebana, angklung serta perwakilan dari sejumlah OPD.

Rangkaian kegiatan akan diawali dengan ziarah ke Makam Sultan Fatah dan Sunan Kalijaga pada Kamis 23 Juni 2022 pukul 15.30.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Demak Santuni 3.600 Anak Yatim Piatu

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:00 WIB

Ini 9 Fakta Pembangunan Tol Semarang-Demak

Rabu, 3 Agustus 2022 | 11:01 WIB
X