Lurah Hebat: Kelurahan Gemah Fasilitasi Masalah Warga Lewat Rumah Aspirasi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 05:48 WIB
Lurah Gemah, Bagus Santoso saat kegiatan pemeriksaan timbangan tera untuk pelatihan produk industri UMKM di Kelurahan Gemah. (suaramerdeka.com / dok Kelurahan Gemah)
Lurah Gemah, Bagus Santoso saat kegiatan pemeriksaan timbangan tera untuk pelatihan produk industri UMKM di Kelurahan Gemah. (suaramerdeka.com / dok Kelurahan Gemah)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penanganan permasalahan warga di Kelurahan Gemah, Pedurungan, dipermudah melalui kehadiran Rumah Aspirasi Warga (RAW).

Keberadaan RAW Gemah merupakan bagian dari bentuk maksimalisasi pelayanan terpadu satu pintu, berkaitan dengan segala bentuk aduan permasalahan warga.

Mulai dari pengaduan keluhan terkait lampu mati, warga meninggal, saluran mampet, pohon tumbang, hingga jalan rusak, semua bisa disampaikan ke RAW Gemah.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala AFF, Shin Tae-yong Genjot Fisik Para Pemain

"Setelah adanya laporan, petugas di RAW Gemah akan segera menindaklanjuti untuk menangani permasalahan di sana. Tidak jarang, mereka akan menghubungkannya kepada instansi terkait yang memiliki kewenangan untuk menyelesaikan permasalahan yang disampaikan. Misalnya saja, saat terjadi mati lampu maka akan disampaikan kepada PLN," ujar Lurah Gemah, Bagus Santoso.

RAW Gemah juga membantu warga bila membutuhkan jasa ambulan untuk mengantar dan menjemput pulang saat periksa di rumah sakit.

Bahkan, bisa untuk melakukan pengurusan bagi orang meninggal.

Baca Juga: Mantap Gabung Bayern Muenchen, Sadio Mane: Saya Sangat Suka Klub Ini!

Mulai dari penjemputan jenazah di rumah sakit, pemulasaraan, hingga pengantaran ke pemakaman.

"Pelayanan di RAW Gemah ini merupakan bagian dari program kelurahan dalam rangka mempopulerkan kegiatan 'Jagong, Besuk, dan Layat' (JBL) yang berlaku bagi pegawai kelurahan beserta warga. Tujuannya, untuk lebih mengenal dan mengakrabkan antara warga di masing-masing RT dan RW dengan pegawai kelurahan, khususnya kami selaku Lurah Gemah,'' terang dia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X