Lurah Hebat: Kelurahan Bangunharjo Kembangkan Kampung Religi Jadi Pusat Jajanan Tempo Dulu

- Senin, 13 Juni 2022 | 20:42 WIB
Lurah Bangunharjo, Agus Triyono saat mendampingi Wali Kota Semarang pada acara Bazar, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)
Lurah Bangunharjo, Agus Triyono saat mendampingi Wali Kota Semarang pada acara Bazar, belum lama ini. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kelurahan Bangunharjo Semarang banyak memiliki potensi dan program yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun potensi yang dimiliki Kelurahan Bangunharjo adalah Kampung Religi dan Kampung Jajanan Tempo Doeloe.

Lurah Bangunharjo, Agus Triyono, menerangkan, di wilayah Kelurahan Bangunharjo terdapat Masjid Agung Kauman dan Pondok Pesantren Raudlatul Quran khusus untuk menghafal Al-Qur'an.

Dengan demikian warga di Kelurahan Bangunharjo bisa aktif dalam kegiatan religi di Masjid Kauman tersebut.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Televisi Tabung juga Bisa Nonton Siaran TV Digital, Begini Caranya

"Selain itu Sebagian besar warga banyak yang memproduksi makanan jadul tempo doeole sehingga warga dapat memasarkan hasilnya di Kampung Tematik Jajanan Tempo Doeloe," ujarnya, kemarin.

Ada banyak jenis makanan kuliner Tempo dulu yang diproduksi oleh warga Bangunharjo, diantaranya ada roti ganjel rel, onde-onde, nagasari, maromi atau sejenis bolang baling namun memiliki rasa yang khas dan masih banyak lagi.

Kebanyakan semua jajanan tempo dulu banyak pengunjung yang langsung datang ke lokasi atau stan dan ada pula yang dijual melalui media sosial, misalnya roti ganjel rel.

Menurutnya, dengan dibuatnya sebuah program yang mendukung kampung religi dan wisata religi bisa mengembangkan kampung tematik jajanan tempo doeloe yang sudah ada.

Baca Juga: Download Minecraft Pocket Edition Versi Terbaru 1.18.32.02 untuk Android Gratis, Tunjukkan Kreasimu

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ditampart Berkeliling Kampanyekan Kerentanan Pesisir

Kamis, 8 Desember 2022 | 05:30 WIB

Digital Contruction Jadi Akselarasi Pembangunan

Rabu, 7 Desember 2022 | 05:35 WIB
X