Lurah Hebat: Kelurahan Wonoplumbon Bangkitkan Kesadaran Warga Membayar Pajak

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 06:45 WIB
Lurah Wonoplumbon Mukti Purnomo SIP (kanan) menyaksikan warga yang memasukkan kupon berhadiah di ruang layanan Kantor Kelurahan Wonoplumbon, Kamis 9 Juni 2022. (suaramerdeka.com / Slamet Daryono)
Lurah Wonoplumbon Mukti Purnomo SIP (kanan) menyaksikan warga yang memasukkan kupon berhadiah di ruang layanan Kantor Kelurahan Wonoplumbon, Kamis 9 Juni 2022. (suaramerdeka.com / Slamet Daryono)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kelurahan Wonoplumbon berada di wilayah Kecamatan Mijen.

Dengan luas wilayah yang mencapai 231.753 hektare, luas Kelurahan Wonoplumbon bahkan hampir menyamai luas sebuah kecamatan yang ada di Semarang bawah.

Dengan wilayah seluas tersebut, menurut Lurah Wonoplumbon Mukti Purnomo SIP, Kelurahan ini hanya berpenduduk sebanyak 4.330 dengan 1.476 keluarga, 27 rukun tetangga (RT), dan 4 rukun warga (RW).

"Wilayah kami termasuk yang paling luas di Kota Semarang, hanya saja masih banyak tanah berupa sawah, perkebunan, dan hutan. Yang ditinggali untuk permukiman hanya sekitar 20 persen," kata dia, di kantornya, Kamis 9 Juni 2022.

Baca Juga: Poster Jumbo Sambut Gelaran Piala Presiden 2022 di Solo

Namun dari kondisi tersebut, yang menjadi perhatian Mukti adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

Menurutnya, pada tahun 2021, potensi pendapatan daerah dari PBB di Wonoplumbon lebih dari Rp 1 miliar, tetapi hanya sekitar setengahnya yang terbayar.

“Sejak bertugas di Wonoplumbon delapan bulan lalu, menjadi prioritas saya untuk menata dari dalam dan membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan kewajibannya membayar pajak,” katanya.

Karenanya, lanjut dia, program kerja dua bulan pertama bertugas, ia melakukan pembenahan kantor untuk kenyamanan saat membutuhkan pelayanan, serta menyisir warga.

Baca Juga: PSIS Semarang Tunjuk Sergio Alexandre Sebagai Pelatih Baru

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ditampart Berkeliling Kampanyekan Kerentanan Pesisir

Kamis, 8 Desember 2022 | 05:30 WIB

Digital Contruction Jadi Akselarasi Pembangunan

Rabu, 7 Desember 2022 | 05:35 WIB

AM Jumai Terpilih Kembali sebagai Ketua FKSB

Senin, 5 Desember 2022 | 09:04 WIB

Muallaf Kota Semarang Berziarah ke Sunan Gunung Jati

Senin, 5 Desember 2022 | 08:30 WIB
X