Kabupaten Semarang Meraih WTP Sebelas Kali Berturut-turut

- Jumat, 27 Mei 2022 | 17:23 WIB
TERIMA LHP: Bupati Semarang  Ngesti Nugraha dan Ketua DPRD Bondan Marutohening (kiri) menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Kepala BPK RI perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali di Semarang, Jumat (27/5). (suaramerdeka.com/dok)
TERIMA LHP: Bupati Semarang Ngesti Nugraha dan Ketua DPRD Bondan Marutohening (kiri) menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Kepala BPK RI perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali di Semarang, Jumat (27/5). (suaramerdeka.com/dok)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Pemkab Semarang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan RI perwakilan Jawa Tengah atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021. Pencapaian ini adalah yang ke-11 kali berturut-turut sejak tahun 2012.                       

Penyerahan LHP dilakukan oleh Kepala BPK RI perwakilan Jawa Tengah Ayub Amali kepada Bupati Semarang  Ngesti Nugraha dan Ketua DPRD Bondan Marutohening di Semarang, Jumat (27/5). Selain itu juga diserahkan LHP kepada enam pimpinan pemerintah daerah lainnya di Jawa Tengah.

Ayub Amali menjelaskan pihaknya telah menyerahkan LHP kepada 36 obyek pemeriksaan di Jawa Tengah. Semuanya menerima opini wajar tanpa pengecualian.

Baca Juga: Doa dan Hajat 6 Zodiak Ini Diprediksi Bakal Terkabul di Juni 2022, Semoga Ya!

"Ini bukan hadiah,  namun kerja keras Bapak-Ibu sekalian  beserta jajaran mengelola keuangan daerah," tegasnya.

Dikatakan, BPK mengapresiasi pengelolaan keuangan oleh pemerintah daerah yang semakin transparan dan akuntabel. Namun dia mengharapkan beberapa temuan dan rekomendasi yang disampaikan dalam LHP, dapat ditindaklanjuti untuk perbaikan di masa mendatang.

Masalah klasik yang masih saja ditemui, lanjutnya, adalah pengelolaan aset tetap. Pencatatan aset dari belanja modal yang tinggi harus dilakukan secara cermat dan teliti agar tidak mempengaruhi opini yang diberikan.

Baca Juga: Soal Hilangnya Eril, Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Simak Keterangan Dubes RI untuk Swiss

Sementara itu Bupati Ngesti Nugraha dalam sambutan mewakili tujuh kepala daerah lainnya mengucapkan terima kasih atas kerja sama berlandaskan profesionalisme oleh tim pemeriksa BPK dan Pemda. LHP merupakan titik puncak rentetan pengelolaan keuangan daerah selama satu tahun.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X