519 Kontainer Terdampak Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

- Selasa, 24 Mei 2022 | 11:48 WIB
Banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas menyebabkan 519 kontainer terkena dampak. (suaramerdeka.com / Nugroho DS)
Banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas menyebabkan 519 kontainer terkena dampak. (suaramerdeka.com / Nugroho DS)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Akibat banjir rob serta diperparah dengan jebolnya tanggul laut di kawasan berikat PT Lamicitra si Pelabuhan Tanjung Emas Semarang membuat operasional terminal peti kemas terhenti.

General Manager Terminal Peti Kemas (TPK) Semarang, I Nyoman Sudhiarta mengatakan pihaknya terpaksa menghentikan sementara operasional TPK Semarang mengingat jalan akses ke dalam terminal tergenang banjir.

Selain itu, peralatan bongkar muat yang dioperasikan oleh terminal menggunakan tenaga listrik sehingga penghentian operasional juga karena alasan keselamatan.

Setidaknya terdapat 500-an peti kemas berukuran 40 kaki baik ekspor maupun impor yang terdampak langsung genangan air pasang.

Baca Juga: Janji SimpleMan Bagikan Foto Bima dan Ayu Asli yang Tewas dalam KKN di Desa Penari, Syaratnya......

“Beberapa lokasi di dalam TPK Semarang yang terdampak adalah lapangan penumpukan peti kemas ekspor yang berada di pinggir dermaga dan juga area konsolidasi (container freight station),” kata Nyoman.

Untuk meminimalkan jumlah peti kemas yang terdampak dengan cara memindahkan peti kemas ke area yang lebih tinggi atau memasang beton untuk menahan laju air menuju peti kemas.

Sementara itu Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jateng, Ade Siti Muksodah menambahkan hari ini, Selasa, 24 Mei 2022 kondisi di terminal peti kemas sudah bisa diatasi.

Ada 519 kontainer yang saat ini masih tetap dipantau apakah terjadi hal-hal yang menyebabkan kondisi barang rusak apa tidak.

Baca Juga: Pemerintah Perpanjang PPKM hingga 6 Juni 2022, Berikut Info Lengkapnya!

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Sehat Bareng Polisi Buka Layanan Vaksinasi

Jumat, 24 Juni 2022 | 19:16 WIB
X