Pemkot Semarang Rencanakan Wisata Religi Terintegrasi ke Beberapa Makam Ulama

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:00 WIB
Tahap kedua renovasi Makam KH Sholeh Darat yang berada di Bergota Semarang masih berlangsung seiring rencana integrasi wisata religi. (suaramerdeka.com / M Arif Prayoga)
Tahap kedua renovasi Makam KH Sholeh Darat yang berada di Bergota Semarang masih berlangsung seiring rencana integrasi wisata religi. (suaramerdeka.com / M Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkot Semarang berencana untuk mengintegrasikan kegiatan ziarah ke makam-makam ulama di Kota Lumpia, sehingga dapat terkoneksi dengan baik ke dalam wisata religi.

Program wisata religi ke beberapa makam ulama di Kota Semarang ini, sudah disusun dalam sebuah grand desain.

Tujuannya, agar peziarah yang datang dari luar kota dapat menjangkau ke sejumlah lokasi wisata religi dalam satu waktu.

Kabid Pertamanan dan Permukiman pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Murni Ediati, mengatakan, setidaknya ada 13 makam ulama di Kota Semarang yang kerap diziarahi oleh masyarakat dari luar kota.

Baca Juga: Primbon Jawa Bicara Jodoh Sabtu Pahing, Sebut 7 Weton Ini Cocok

Antara lain Makam KH Sholeh Darat (Bergota-Semarang Tengah), Ki Ageng Pandanaran (Mugassari-Semarang Selatan), Mbah Depok (Depok-Semarang Tengah), Sunan Kuning (Lebdosari-Semarang Barat), dan Jumadil Kubro (Tambakrejo-Gayamsari).

"Jadi, Pemkot berkeinginan agar peziarah saat datang bisa mengunjungi makam-makam ulama tersebut dalam satu waktu. Proses pengerjaan grand desain nantinya ikut melibatkan lintas sektoral OPD lainnya seperti Disbudpar, Distaru, dan Bappeda," ujar dia, belum lama ini.

Menurut Murni Ediati, integrasi makam-makam ulama menjadi satu paket kunjungan ziarah merupakan bagian dari program wisata religi yang dirancang untuk memberikan keteraturan dan membantu meningkatkan perekonomian di Kota Semarang.

Khususnya masyarakat di daerah lokasi makam-makam tersebut berada. Selain itu, koneksivitas makam-makam ulama dalam rangka memberikan rasa nyaman dan aman kepada peziarah.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 21 Mei 2022: Ricky Akhirnya Tertangkap, Akan Akui Perbuatannya?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Ikut Pelatihan Jadi Teknisi AC, Cek di Sini

Kamis, 30 Juni 2022 | 07:14 WIB
X