Ramadhan di Aloon-Aloon: Lomba Adzan Bisa Melatih Mental Positif Anak

- Senin, 25 April 2022 | 18:15 WIB
FOTO BERSAMA: Anak-anak foto bersama setelah mengikuti serangkaian kegiatan lomba Islami di panggung dekat stan pasar jajan semarangan (Pajangan) aloon-aloon Masjid Agung Kauman Semarang, Minggu (24/4). (suaramerdeka.com/Pamungkas Ashadi)
FOTO BERSAMA: Anak-anak foto bersama setelah mengikuti serangkaian kegiatan lomba Islami di panggung dekat stan pasar jajan semarangan (Pajangan) aloon-aloon Masjid Agung Kauman Semarang, Minggu (24/4). (suaramerdeka.com/Pamungkas Ashadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pendidikan karakter sejak dini sangat penting bagi pertumbuhan anak untuk generasi yang memiliki akhlakul karimah atau perilaku yang baik.

Dalam bulan suci Ramadhan ini, selain mengadakan lomba mewarnai gambar Islami, di Pasar Jajan Semarangan (Pajangan) juga mengadakan lomba adzan bagi anak-anak.

Hal itu bertujuan untuk melatih mental positif anak agar berani berkompetisi dan tampil di khalayak.

"Lomba adzan bertujuan untuk melatih mental anak agar cepat berkembang. Sebab dalam lomba adzan merupakan salah satu edukasi bagi anak dalam hal syariat. Jadi dengan lomba ini, nantinya di masyarakat mereka bisa adzan di masjid atau mushola," ujar Ketua Pasar Jajan Semarangan Choirul Ichsan, Minggu (24/4).

Baca Juga: Amanda Manopo Singgung Penulis Cerita Ikatan Cinta: Baca Scriptnya Bisa Kena Baby Blues

Menurutnya, dalam kegiatan lomba adzan sampai saat ini jumlah pendaftar ada sekitar 68 anak. Mereka berupaya dan berkompetisi melantunkan adzan dengan suara merdu dan enak didengar.

"Tentu sebelum memulai lomba, mereka pasti sudah dilatih oleh para orang tua mereka bagaimana cara adzan yang baik dan benar. Terlebih bisa menghasilkan suara yang bagus pula itu malah justru dapat mengundan masyarakat berbondong-bondong untuk melaksanakan sholat berjamaah," imbuhnya.

Sebenarnya, kata Ichsan banyak sekali lomba-lomba selama bulan suci Ramadhan ini yang diadakan di pasar jajan semarangan, yaitu ada lomba mewarnai gambar, lomba berbusana muslim, lomba menyanyikan lagu-lagu Islami dan lomba adzan ini.

Baca Juga: Jangan Gagal Paham, Siaran TV Digital Bukan Layanan Streaming seperti Netflix, Viu atau WeTV, Ini Bedanya

"Semua lomba bernuansa Islami ini untuk meramaikan syiar agama Islam di pasar jajan semarangan serta untuk mengisi kegiatan di aloon-aloon Masjid Agung Kauman Semarang," terangnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Stan Tahu Walik Kuliner Kauman Selalu Ramai Pengunjung

Minggu, 25 September 2022 | 15:44 WIB
X