Rumah Pahlawan Yos Sudarso di Salatiga Bakal Dijadikan Museum

- Selasa, 29 Maret 2022 | 11:12 WIB
Wakil Kepala Staf TNI AL Laksdya Ahmadi Heri Purwono (kanan) bersama Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit dan Kolonel Marinir Hariyono saat mengunjungi dan melihat berbagai sudut rumah Yos Sudarso di Salatiga. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
Wakil Kepala Staf TNI AL Laksdya Ahmadi Heri Purwono (kanan) bersama Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit dan Kolonel Marinir Hariyono saat mengunjungi dan melihat berbagai sudut rumah Yos Sudarso di Salatiga. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

SALATIGA, suaramerdeka.com - TNI AL berniat membeli rumah tempat kelahiran Pahlawan Nasional Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso) di Kota Salatiga.

Rumah Yos Sudarso yang berada tidak jauh dari Jl Pattimura, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo tersebut, sudah tidak dihuni.

Rencananya rumah itu akan dijadikan Museum Pahlawan Nasional Yos Sudarso, yang dikelola bersama Pemkot Salatiga.

Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, saat mengunjungi rumah Yos Sudarso, Minggu 27 Maret 2022 pagi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 29 Maret 2022: Keuangan Aries dalam Bahaya, Gemini Awas! Konflik Besar Menghampiri

Dalam kunjungan tersebut Laksdya Ahmadi Heri didampingi Ketua DPR Kota Salatiga Dance Ishak Palit, Kolonel Marinir Hariyono, Kepala Disbudpar Valentino T Haribowo, Kepala Bappeda Kota Salatiga Muthoin, dan anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL).

''Rencananya akan kita beli sebagai aset TNI Angkatan Laut. Kemudian dikembangkan dijadikan museum edukasi yang dikelola Pemkot Salatiga,'' kata Ahmad Heri yang berasa dari Salatiga tersebut.

Menurutnya, Yos Sudarso merupakan pahlawan nasional yang telah dikenal Bangsa Indonesia. Selain berperan dalam perjuangan bangsa, kepahlawanan Yos Sudarso menjadi teladan yang bisa dijadikan contoh generasi muda saat ini.

TNI AL akan berupaya membeli rumah tersebut dan menjadikan museum edukasi tentang Pahlawan Nasional Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso.

Baca Juga: Jadi Negosiator Rusia Vs Ukraina, Roman Abramovich Kabarnya Diracun

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibu dan Anak ASN Salatiga Dihadiahi Rp 2 Juta

Rabu, 30 November 2022 | 16:09 WIB

BRI Bantu Mobil Ambulance ke Polres Salatiga

Rabu, 30 November 2022 | 16:03 WIB

225 Kaum Muda Perempuan Salatiga Dibekali Wirausaha

Senin, 28 November 2022 | 05:20 WIB

DPR RI Gunakan Pelat Nomor Khusus, Kayak Apa Sih?

Senin, 21 November 2022 | 20:44 WIB
X